IBL

Timnas Prancis resmi mengumumkan roster untuk FIBA World Cup 2023. Dari 12 pemain yang terpilih, tujuh diantaranya merupakan pemain yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Ketujuh pemain tersebut adalah Nando De Colo, Nicolas Batum, Rudy Gobert, Evan Fournier, Frank Ntilikina, Guerschon Yabusele, dan Mustapha Fall. Dalam multievent tersebut, Prancis meraih perak setelah kalah 82-87 dari Amerika Serikat.

Dalam roster itu juga tidak ada Victor Wembanyama dan Joel Embiid. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Wemby (sapaan Victor Wembanyama) tidak memperkuat Prancis karena ingin fokus ke musim pertamanya di NBA. Ia terpilih sebagai urutan pertama NBA Draft 2023 oleh San Antonio Spurs.

Baca juga: Victor Wembanyama Tidak Perkuat Prancis di FIBA World Cup 2023

Embiid, yang menjadi MVP NBA 2022-23 itu memang belum memutuskan kapan akan debut di turnamen internasional. Tahun lalu Embiid menjadi warga negara Prancis dan Amerika Serikat. Embiid juga nyaris membela Kamerun setelah masuk roster di FIBA AfroBasket 2017.

Sama halnya dengan Wemby. Embiid dikabarkan memilih tampil di Olimpiade tahun depan. Apalagi Prancis akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2024 yang berpusat di kota Paris. Tetapi juga ada kemungkinan Embiid malah bermain untuk AS.

Pelatih Vincent Collet juga mengikutsertakan Terry Tarpey dan Elie Okobo. Kedua pemain AS Monaco itu berperan penting atas kelolosan Prancis di final EuroBasket 2022. Meski pada babak final itu Les Bleus harus mengakui keunggulan Spanyol 76-88.

Baca juga: Pada 10 Juli Mendatang, Tiket FIBA World Cup 2023 Mulai Harga Rp100 Ribu

Lalu beberapa pemain yang kembali setelah absen di musim panas tahun lalu. Selain De Colo dan Batum, juga ada Mathias Lessort.  Sedangkan Yakuba Ouattara dan Sylvian Francisco akan tampil di turnamen besar pertama mereka setelah membawa Prancis melalui berbagai babak kualifikasi.

Les Blues akan menghadapi persaingan ketat. Mereka tergabung di grup H bersama Kanada, Latvia, dan Lebanon. Kemungkinan juga melawan juara bertahan Spanyol dan Brazil di babak kedua. Fase grup tersebut diselenggarakan di Indonesia Arena, Jakarta pada 25 Agustus-3 September mendatang. (rag)

 

Daftar Pemain Prancis di FIBA World Cup 2023:

Sylvain Francisco (Peristeri)

Nando de Colo (LDLC ASVEL Villeurbanne)

Frank Ntilikina (Dallas Mavericks)

Elie Okobo (AS Monaco)

Evan Fournier (New York Knicks)

Yakuba Ouattara (AS Monaco)

Terry Tarpey (AS Monaco)

Nicolas Batum (Los Angeles Clippers)

Guerschon Yabusele (Real Madrid)

Mathias Lessort (Panathinaikos Athens)

Moustapha Fall (Olympiacos Piraeus)

Rudy Gobert (Minnesota Timberwolves)

 

Foto: FIBA, Eurosport

Komentar