IBL

Kita tidak akan menyaksikan Victor Wembanyama berlaga di Indonesia Arena, Jakarta pada FIBA World Cup 2023 mendatang. Pilihan pertama NBA Draft 2023 itu memutuskan tidak memperkuat Prancis. Ia ingin fokus mempersiapkan musim pertamanya dengan San Antonio Spurs dan Olimpiade Paris 2024 yang berlangsung di tanah airnya.

“Dalam hal pengembangan dan kesehatan hal itu tidak realistis. Saya harap orang-orang akan mengerti. Timnas Prancis penting bagi saya. Saya ingin memenangkan gelar sebanyak mungkin bersama tim. Tapi ini adalah pengorbanan yang diperlukan,” kata Wemby dilansir melalui surat kabar L'Equipe.

Dalam wawancara tersebut, Wemby mengatakan bahwa Spurs mendukung apapun keputusannya. Pemain berusia 19 tahun itu sebelumnya telah berkonsultasi dengan staf medis pribadinya. Bahkan ia juga sudah merencanakan pertandingan apa saja yang akan diikuti selama dua tahun.

Pada FIBA World Cup 2023 ini, Prancis tergabung di grup H. Mereka akan bersaing dengan Kanada, Lebanon, dan Latvia. FIBA World Cup akan berlangsung di Indonesia pada 25 Agustus-3 September untuk fase penyisihan grup.

Pada musim terakhirnya dengan Metropolitans 92 di Liga Prancis, Wemby memainkan 62 gim. Termasuk dengan musim pertamanya di Spurs dan pertandingan timnas Prancis untuk Olimpiade, Wemby diperkirakan akan memainkan 170 pertandingan dalam waktu 24 bulan. Akan lebih banyak jika ditambah gim di FIBA World Cup.

Wemby juga berencana bermain untuk Spurs di Summer League. Turnamen itu akan berlangsung pada 3-17 Juli mendatang. Sementara Prancis dijadwalkan tiba di Jakarta pada 20 Agustus 2023. Mereka memainkan gim pertama melawan Kanada pada 25 Agustus di Indonesia Arena dan menjadi salah satu pertandingan paling ditunggu di ajang tersebut.

Jika Wemby bermain di FIBA World Cup 2023 hingga babak final, ia tidak akan memiliki waktu untuk istirahat. Musim 2023-24 sendiri akan dimulai pada 24 Oktober. Sedangkan final FIBA World Cup pada 10 September. (rag)

Foto: FIBA

Komentar