IBL

Udonis Haslem mengumumkan gantung sepatu setelah 20 musim di NBA, pada hari Jumat (28/7) waktu Amerika Serikat. Udonis Haslem masih bermain di NBA hingga usia 43 tahun. Dia tidak pernah pindah klub sejak diambil Miami Heat pada tahun 2003. Sekarang Haslem resmi undur diri dari NBA, dan mencatatkan sejarah sebagai pemain tertua yang pernah bermain di liga tersebut. 

Haslem tidak pernah dianggap sebagai bintang di Heat. Namun kehadirannya sangat penting, karena memimpin rekor klub untuk jumlah offensive rebound (1.615), defensive rebound (4.176), dan rebound secara keseluruhan (5.791). Dia adalah bagian dari tim Heat saat menjuarai NBA tahun 2006, 2012, dan 2013. 

"Saya menganggap diri saya sangat diberkati untuk mengatakan bahwa saya dapat meninggalkan permainan ini tanpa penyesalan," Haslem memposting di Instagram . "Kejuaraan, penghargaan, persaudaraan, kawan, sulit untuk tidak berdamai. Undrafted to 3x Champion, All-Rookie 2nd Team, Teammate Of The Year, pemain tertua yang bermain di pertandingan final NBA, pemimpin rebound dan pemain bertenor terlama, daftarnya terus berlanjut…"

Haslem masih menjabat sebagai kapten tim Heat, meski dalam beberapa musim terakhir, Jimmy Butler menjadi bintang utama tim. Haslem tidak pernah tampil lebih dari 15 pertandingan sejak musim 2015-2016. Tetapi di ruang ganti, dia adalah mentor sekaligus penyemangat tim dikala tenggelam. Sepanjang kariernya, Haslem memainkan 879 pertandingan musim reguler dengan rata-rata 7,5 poin, 6,6 rebound, dan 0,8 asis per gim. 

Haslem sempat diturunkan selama 29,1 detik di Gim 3 Final NBA 2023. Sehingga membuatnya jadi pemain tertua di Final NBA sepanjang sejarah liga. Karena pertandingan tersebut hanya berangsung dua hari sebelum ulang tahun ke-43. Miami Heat berencana untuk mengistirahatkan nomor punggung 40 yang selama ini dikenakan oleh Haslem. 

Foto: Lakers Daily

Dikutip dari Sportsnaut.com, pemain tertua di NBA selain Udonis Haslem adalah Andre Iguodala. Tetapi usianya jauh di bawah Haslem, yaitu 39 tahun di pertandingan terakhirnya. Sementara pemain yang berpeluang untuk menggusur Haslem dari daftar pemain tertua di NBA adalah LeBron James. Karena bintang Los Angeles Lakers tersebut kini berusia 38 tahun, dan masih terus bermain di level tertinggi. Meski sempat dikabarkan pensiun, LeBron menepis berita tersebut dan akan turun di musim 2023-2024. (*)

Foto: New York Post

Komentar