IBL

Penggemar NBA menganggap bahwa Dwyane Wade merupakan pemain yang memiliki karier terbaik dalam sejarah Miami Heat. Namun justru Wade tidak mau menyandang kehormatan tersebut. Karena menurutnya, pemain dengan karier terbaik bersama Heat yaitu Udonis Haslem. 

Haslem tentu saja memiliki salah satu karier paling menarik dari pemain NBA mana pun. Dia tidak tertarik bergabung dengan NBA pada tahun 2002, dan bermain satu musim di luar negeri di Prancis. Pada akhirnya, Haslem menandatangani kontrak dengan Heat sebelum musim 2003-2004. Tepat saat Wade menjadi pemain debutan di Heat. Mereka menghabiskan 13 musim bersama. 

"Hari pertama saya bertemu UD, saya datang ke kamp pelatihan untuk Summer League di tahun saya direkrut. Saya muncul dua hari lebih lambat dari semua orang karena urusan keluarga. Saya adalah pilihan kelima, sehingga mendapatkan izin untuk hal-hal seperti itu," kata Dwayne Wade dikutip dari Sports Illustrated. "Semua orang sudah ada di sana, dan saya ingat hari pertama saya melihat orang ini bisa melakukan segalanya. Dia melompat tinggi untuk mendapatkan bola, berlari melewati orang. Saya belum pernah melihat seseorang bermain dengan intensitas seperti itu." 

Foto: fadeawayworld.net

Wade meninggalkan Heat untuk menandatangani kontrak dengan Chicago Bulls sebagai "free agent" pada musim panas 2016. Dia berpindah-pindah antara Bulls dan Cleveland Cavaliers sebelum kembali ke Heat dalam transfer pemain tengah musim pada Februari 2018. Setelah kembali menandatangani kontrak dengan Heat dengan kontrak satu tahun, Wade mengakhiri karirnya di Miami tahun 2019. 

Setelah Wade pensiun, Haslem juga sepertinya mengindikasikan dia akan pensiun di akhir musim. Tapi Haslem malah terus menandatangani kontrak satu tahun untuk memperpanjang kariernya, hingga di musim 2022-2023. Haslem menyelesaikan karirnya dengan 879 pertandingan dimainkan, terbanyak kedua dalam sejarah Heat di belakang Wade yang memainkan 948 laga.  

Selama delapan musim terakhir, Haslem hanya tampil dalam total 102 pertandingan. Tetapi manajemen Heat terus saja memberinya perpanjangan kontrak. Itu menandakan betapa pentingnya Haslem, karena dia dihormati di dalam organisasi dan ruang ganti yang terus dibawa Heat sampai saat ini. Meskipun hanya menjadi kontributor dalam gim yang minimal selama hampir satu dekade.

"Dia memiliki karier terbesar dalam sejarah Miami Heat. Tidak ada yang mengira itu akan terjadi ketika dia pertama kali masuk ke tempat latihan. Tim ini Shaq, Tim Hardaway, Alonzo (Mourning), LeBron, Chris Bosh. Mereka adalah deretan Hall of Famers. Tapi ada satu yang berdiri di atas kami semua. Itu adalah Udonis Haslem. Betapa kerennya ketika banyak pemain yang ingin memiliki karier seperti dia," kata Dwyane Wade, yang hadir dalam pertandingan terakhir Udonis Haslem musim ini. 

Foto: nba.com

Udonis Haslem adalah pemain kelima dalam sejarah NBA yang bermain hingga musim ke-20. Dalam daftar ini, ada Kareem Abdul-Jabbar, Jamal Crawford, mendiang Kobe Bryant, dan salah satu yang masih aktif adalah LeBron James. Sementara itu, pemain dengan jumlah musim terbanyak sepanjang karier di NBA adalah Vince Carter dengan 22 musim. (*)

Foto: PopSugar

Komentar