IBL

Udonis Haslem sudah memutuskan. Kapten Miami Heat itu akan pensiun tahun ini atau setelah musim 2022-23 berakhir. Haslem yang sudah berusia 42 tahun itu telah menghabiskan seluruh kariernya di NBA bersama Heat sejak 2003 silam.

“Saya sudah selesai. Saya sudah selesai apapun yang terjadi (pada musim ini). Saya telah memberikan kontribusi yang bisa saya berikan. Saya pikir pada tahap ini, perlu ada sosok lain untuk tim. Sudah waktunya bagi seseorang untuk melangkah dan mengambil posisi tersebut,” kata Udonis dilansir melalui Miami Herald.

Pernyataan Haslem itu juga mengacu pada performa Heat yang masih berkutat di papan tengah. Dengan rekor 34-31, Heat berada di posisi ketujuh klasemen sementar Wilayah Timur. Meski begitu mereka juga berjuang untuk menghindari play-in.

Dengan sisa 17 gim musim regular, Heat harus mencapai enam besar agar tidak menjalani play-in. Padahal musim lalu mereka merupakan unggulan pertama Wilayah Timur. Tetapi musim ini, Heat sudah menelan enam kekalahan dari delapan gim terakhir.

“Saya hanya mencoba untuk mencapai babak playoff. Itu adalah hal terpenting saat ini. Saya hanya fokus pada satu hal itu saja,” kata pemain yang merasakan tiga gelar juara pada 2006, 2012, dan 2013 itu.

Haslem merupakan penduduk asli Miami. Ia Lahir dan tumbuh di kota tersebut. Haslem telah mendedikasikan 20 musim di kampung halamannya tersebut. Saat keputusan pensiun sudah ia ambil, Haslem mengakui ingin menikmati setiap momen bersama Heat apapun yang terjadi.

“Ini tidak mudah. Saya ingin menikmatinya. Tetapi cara untuk menikmatinya tentu dengan memberikan kontribusi dan mendapatkan kemenangan. Ini bukan cara yang kita bayangkan, tapi di sinilah kita berada,” kata lulusan University of Florida itu.

Saat ini Haslem menjadi pemain tertua di NBA. Musim ini ia hanya tampil dalam enam gim. Pada gim kandang 9 April mendatang saat melawan Orlando Magic akan menjadi perayaan untuk Haslem. Belum ditentukan acara apa yang dilakukan oleh tim. Heat juga berencana memensiunkan nomor 40 miliki Haslem.

Haslem menjadi salah satu dari tiga pemain yang menghabiskan setidaknya 20 musim dalam satu tim. Setelah tidak terpilih di NBA Draft 2002, Haslem sempat bermain untuk Chalon sur Saone di Prancis. Setahun kemudian dia bergabung dengan Heat. Selain Haslem, ada Dirk Nowitzki yang bersama Dallas Mavericks selama 21 musim. Kemudian Kobe Bryant dengan Los Angeles Lakers selama 20 musim. (rag)

Foto: NBA

Komentar