IBL

Kyle Anderson menjadi warga Asia. Pemain Minnesota Timberwolves tersebut mendapatkan status sebagai warga negara Cina. Hal tersebut diumumkan oleh Chinese Basketball Association (CBA) melalui akun Weibo pada Senin (24/7).

“(Anderson) memperoleh kewarganegaraan Cina pagi ini dan bertemu dengan Yao Ming, ketua Asosiasi Bola Basket Cina,” tulis CBA dalam postingannya tersebut.

Anderson akan menggunakan nama Li Kaier dalam roster Cina. Pemain berjuluk Slo Mo itu mulai menjalani proses naturalisasi sejak April lalu. Media-media Cina menyebutkan bahwa Anderson juga memiliki garis keturunan Cina dari pihak ibu. Kakek buyut Anderson adalah orang Cina dan istrinya adalah orang Jamaika.

Anderson sendiri lahir di New York pada 20 September 1993. Ia sempat masuk dalam pemusatan latihan timnas Amerika Serikat U-16 dan U-17. Anderson juga masuk tim Nike Hoop Summit 2012.

Kini dengan status barunya itu, Anderson akan berseragam Cina di FIBA World Cup 2023 yang dimulai pada 25 Agustus mendatang. Pada Juni lalu CBA telah mengumumkan 18 nama yang nantinya dipilih sebagai roster FIBA World Cup 2023.

Dari 18 nama itu memang tidak ada nama Anderson. Tapi FIBA menyebutkan bahwa roster final akan dikonfirmasi setelah technical meeting sebelum turnamen dimulai. Artinya Anderson masih bisa masuk dalam 12 pemain Cina yang berlaga di FIBA World Cup 2023.

South China Morning Post menyebutkan Anderson merupakan atlet terbaru yang dinaturalisasi oleh Cina. Negeri Tirai Bambu itu sebelumnya memang jarang menggunakan pemain naturalisasi. Tapi mengingat timnas mereka tampil buruk akhirnya langkah tersebut diambil.

Belum jelas apakah Anderson juga melepas paspor AS miliknya. Sebab, Cina merupakan salah satu negara yang tidak memperbolehkan warga negara ganda. Sebelumnya Cina juga menaturalisasi Nico Yennaris. Mantan pemain Arsenal dan Brentford itu memperkuat timnas sepakbola Cina pada 2019.

Prestasi Cina memang tidak menonjol dalam beberapa tahun terakhir. Cina tidak lolos ke Olimpiade Tokyo 2020. Kemudian mereka menempati posisi kedelapan pada FIBA Asia Cup 2022.

Dalam FIBA World Cup 2023 nanti Cina bergabung dengan grup B yang berisi Serbia, Puerto Rico, dan Sudan Selatan. Aleksandar Dordevic menjadi pelatih baru menggantikan Du Feng. Mereka akan menjalani beberapa agenda uji coba sebelum berangkat ke Filipina.

Timnas Cina melawan Slovenia pada 25 Juli. Setelah itu mengikuti mini turnamen melawan Tanjung Verde, Turki, dan Italia pada awal Agustus. Setelah itu mereka akan melawan Serbia pada 20 Agustus di Shenzhen. (rag)

Foto: South China Morning Post

Komentar