IBL

Sudan Selatan meraih kemenangan pertamanya sekaligus menyingkirkan Cina dari Piala Dunia FIBA 2023. Sudan Selatan menumbangkan Cina 89-69 pada Senin (28/8) di Araneta Coliseum, Manila.

Dalam pertandingan tersebut, perlawanan Cina terjadi di delapan menit pertama. Mereka sempat memangkas jarak (49-50) di pertengahan kuarter ketiga. Tapi Sudan Selatan menghentikan momentum tersebut dan tetap mempertahankan keunggulan hingga akhir.

“Para pemain ulet, gigih, dan fokus dalam menjalani game plan. Selain itu mereka juga bertanding dengan level tertinggi. Semua pemain menjalankan tugasnya dengan baik dan bersungguh-sungguh. Saya sangat bangga dengan kemenangan ini,” kata pelatih Sudan Selatan Royal Ivey dalam jumpa pers.

Carlik Jones membawa Sudan Selatan unggul melalui 21 poin dan 6 asis. Disusul Kuany Ngor Kuany 16 poin. Noni Omot memberikan 14 poin dan Marial Shayok 13 poin. Dari bangku cadangan Majok Deng mencetak 12 poin dan 5 rebound.

Ini adalah pertama kalinya Sudan Selatan tampil di Piala Dunia. Pada pertandingan sebelumnya, mereka hampir saja memulai debut dengan luar biasa. Sayangnya, Sudan Selatan harus mengakui keunggulan Puerto Riko melalui babak tambahan waktu.

“Kami bangga bisa mempersembahkan kemenangan pertama di Piala Dunia untuk negara baru ini. Kami tidak akan puas sampai di sini dan akan fokus pada pertandingan berikutnya,” imbuh Ivey.

Dari kubu Cina, akhirnya Kyle Anderson berhasil mencetak angka. Pemain Minnesota Timberwolves itu tampil selama 32 menit dengan 22 poin dan 5 rebound. Rui Zhao menambah 13 poin dan Qi Zhou 10 poin.

Berikutnya Cina akan bertemu Puerto Riko. Sedangkan Sudan Selatan berhadapan dengan Serbia. (rag)

Foto: FIBA

Komentar