IBL

Semua orang membicarakan James Harden yang mencetak 45 poin dalam kemenangan Philadelphia 76ers atas Boston Celtics (119-115), di Gim 1 Semifinal Wilayah Timur, Senin (1/5) waktu Amerika Serikat. Tapi ada yang unik dalam pertandingan ini. Ternyata PJ Tucker mencetak rekor yang belum pernah dilakukan oleh pemain NBA di playoff sejak musim 1954-1955. Rekor aneh tersebut adalah bermain dengan menit cukup banyak tanpa melakukan percobaan tembakan. 

Data ESPN Stats & Info menyebutkan bahwa Tucker memiliki catatan 0 FGA (field goals attempts), dan 0 FTA (free throws attempts) dalam 37 menit di laga playoff. Ini menjadi catatan menit bermain terbanyak tanpa FGA dan FTA di playoff sejak era shot-clock (1954-1955). Rekor ini memang tidak biasa dibuat oleh pemain NBA selama bertahun-tahun.

Namun basketnews.com mencatat bahwa ada pemain yang pernah melakukannya. Dia adalah Bruce Bowen dari San Antonio Spurs. Dia pernah bermain selama 34 menit tanpa percobaan tembakan di Gim 5 Semifinal Wilayah Barat tahun 2006. Saat itu Spurs berhadapan dengan Dallas Mavericks. Karena Tucker bermain selama 37 menit, maka rekor ini sekarang dipegang oleh Tucker. Namun kalau waktu bermainnya di bawah 30 menit, banyak pemain yang pernah melakukannya. Mereka adalah George Johnson (1982), Charles Jones (1988), Jason Collins (2006), dan Joel Anthony (2011). Dari keempat pemain tersebut menit bermain paling banyak adalah 27 menit. 

Selama ini Tucker rata-rata hanya mencetak 3,5 poin dan 3,9 rebound per gim selama musim reguler NBA 2022-2023, selama 25,6 menit di lapangan untuk Sixers. Angka-angkanya di playoff tahun ini sedikit lebih baik dengan 2,4 poin, 6,4 rebound, dan 2,2 asis per gim. Peran Tucker di pertahanan sangat penting untuk membantu Sixers, yang pincang tanpa Joel Embiid. 

"Kami mencoba untuk membuka banyak peluang di dalam area kunci. Tapi tanpa Embiid, kami hanya berusaha mengimbangi lawan. Kami kadang-kadang menjadi 'small-ball' dengan PJ Tucker di posisi lima. Kami banyak memainkan banyak strategi, hanya tinggal pemain mana yang bersedia melakukannya," kata Doc Rivers, kepada Yahoo!Sports.

Awalnya Boston Celtics lebih diunggulkan untuk memenangkan gim pembuka semifinal. Karena dua pertandingan dilaksanakan di TD Garden. Keunggulan tuan rumah dan cederanya Joel Embiid harusnya bisa dimanfaatkan oleh Celtics. Namun nyatanya, justru mereka gagal memenangkan gim pertama. Meski mereka masih jadi tim favorit yang memenangkan seri ini, namun pendukung Celtics mulai goyang setelah kalah dari Sixers. (*)

Foto: ESPN

Komentar