IBL

Sudah siap untuk menyaksikan FIBA World Cup 2023? Setelah undian digelar, jadwal pertandingan pun dirilis. FIBA World Cup 2023 akan dilaksanakan pada 25 Agustus-11 September di tiga negara tuan rumah yaitu Filipina, Jepang, dan Indonesia.

Filipina sebagai tuan rumah utama akan menggelar 4 fase grup (A-D), fase gugur, hingga final. Mereka menyiapkan tiga venue yaitu Philippine Arena, Araneta Coliseum, dan Mall of Asia Arena. Kemudian Jepang dan Indonesia masing-masing mendapat jatah tuan rumah dua grup.

Jepang menyiapkan Okinawa Arena untuk menggelar fase Grup E dan F. Indonesia mendapat Grup G dan H yang akan dipertandingkan di Indonesia Arena, Jakarta. (jadwal lengkap lihat grafis di bawah).

FIBA World Cup 2023 akan berlangsung selama 17 hari. Hanya satu hari jeda pada tanggal 4 September atau setelah semua fase grup selesai. Tiap venue akan menggelar dua gim per hari di fase grup. Setiap juara dan runner up grup akan masuk ke grup berikutnya di ronde kedua. Sedangkan peringkat ketiga dan keempat akan masuk dalam pertandingan penentuan peringkat akhir klasemen.

Baca juga: Hasil Undian FIBA World Cup 2023, Wembanyama & Embiid Bisa Main di Indonesia

Laga pembuka akan diadakan di Philippine Arena, Manila pada 25 Agustus yang mempertemukan Angola vs Italia dan Republik Dominika vs Filipina. Waktu pertandingan akan diumumkan kemudian hari. Philippine Arena sendiri merupakan venue indoor dengan kapasitas 55 ribu penonton.

Selain laga pembuka, Philippine Arena hanya menggelar penyisihan ronde kedua yang masuk dalam Grup M dan N. Grup tersebut berisi tim peringkat 3 dan 4 dari Grup A-D untuk menentukan peringkat 17-32 klasemen akhir.

Kemudian Araneta Coliseum menggelar laga Grup A dan B (kecuali dua gim pembuka) dan ronde kedua dari pemenang dan runner up grup tersebut. Mall of Asia Arena menjadi venue untuk Grup C dan D, ronde kedua dari grup tersebut, dan fase gugur.

FIBA World Cup 2023 ini merupakan edisi ke-19 dan untuk pertama kalinya diadakan di lebih dari satu tuan rumah. Spanyol menjadi juara bertahan yang masuk grup G bersama Iran, Pantai Gading, dan Brazil. (rag)

Foto: FIBA

Komentar