IBL

Undian FIBA World Cup 2023 akan berlangsung pada 29 April mendatang di Manila, Filipina. Undian itu akan membagi 32 tim peserta dalam delapan grup. Nantinya mereka akan tersebar di tiga negara tuan rumah yaitu, Filipina, Jepang, dan Indonesia. Dua hari setelah undian, tim-tim peserta akan mengunjungi venue di masing-masing negara tuan rumah.

Masing-masing grup akan berisi empat negara. Grup A-D akan berlaga di Filipina. Mereka menyediakan dua venue yaitu Araneta Coliseum (Quezon City) dan SM Mall of Asia Arena (Pasay). Filipina juga akan menggelar babak eliminasi di Philipina Arena, Bulacan.

Kemudian Jepang dan Indonesia masing-masing mendapat jatah dua grup di babak pertama dan satu grup di babak kedua. Grup E dan F akan memainkan pertandingan di Okinawa Arena, Jepang. Untuk Indonesia sendiri akan menggelar fase Grup G dan H di Indoor Multifunction Stadium, Jakarta.

“Pada 29 April itu kan undian di Manila untuk menentukan delapan negara (fase grup). Kemudian tanggal 30 April dilanjutkan rapat. Masing-masing tuan rumah akan melakukan presentasi. Setelah itu pada 1-3 Mei perwakilan dari masing-masing negara sesuai undian akan datang untuk mengecek venue,” kata Sekjen LOC FIBA Basketball World Cup 2023 Junas Miradiarsyah pada Senin (10/4) itu.

Baca juga: FIBA Setujui Konsep "Test Event", IBL Bisa Pakai Venue World Cup 2023 di Jakarta

Untuk saat ini baru bisa dipastikan salah satu negara yang akan berlaga di Indonesia adalah Kanada. AS bertanding di Filipina dan Slovenia berlaga di Jepang. Sisanya akan ditentukan pada saat undian. FIBA menjelaskan bahwa penentuan itu untuk alasan komersial dan tidak akan mempengaruhi proses undian.

Junas memastikan Indonesia juga akan kedatangan negara-negara unggulan lainnya selain Kanada. Sebab, salah satu sistem undian juga menempatkan pot satu untuk negara-negara peringkat atas. “Ada pot-pot-tim unggulan. Nantinya ada peluang Indonesia mendapatkan grup dengan negara peringkat atas. Pot-pot negara peringkat atas itu ada Amerika Serikat, Spanyol, Prancis, Australia, dan lain-lainnya. Mudah-mudahan bisa mendapatkan salah satu dari negara tersebut,” ungkapnya.

Babak kualifikasi FIBA World Cup 2023 sudah selesai sejak Februari lalu. Dari benua Afrika ada Angola, Tanjung Verde, Mesir, Pantai Gading, dan Sudan Selatan. Dari benua Amerika meloloskan 7 tim yaitu Brazil, Kanada, Republik Dominika, Meksiko, Puerto Rico, Amerika Serikat, dan Venezuela.

Kawasan Asia dan Oseania ada 8 tim yang lolos. Termasuk tuan rumah Jepang dan Filipina. Selain itu ada Cina, Iran, Jordania, Lebanon, dan Selandia Baru. Eropa meloloskan tim paling banyak dengan 12 tim. Mereka adalah Finlandia, Prancis, Georgia, Jerman, Yunani, Italia, Latvia, Lithuania, Montenegro, Serbia, Slovenia, dan Spanyol. (rag)

Foto: FIBA

Komentar