IBL

FIBA World Cup akan digelar setahun lagi. Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang. Ini merupakan pertama kalinya ajang tersebut diadakan di tiga tuan rumah sekaligus. Untuk itu pemberian logo dan maskot pun menggunakan representasi ketiga negara.

JIP dipilih sebagai nama maskot untuk FIBA World Cup 2023. Nama tersebut merupakan gabungan dari huruf depan Jepang, Indonesia, dan Filipina. Nama tersebut diambil dari jajak pendapat yang melibatkan 100 ribu orang di seluruh dunia. JIP merupakan salah satu dari enam opsi nama yang diberikan.

Maskot JIP sendiri merupakan bentuk robot yang memiliki perpaduan warna putih, biru, merah, dan hitam.  Warna tersebut mewakili warna masing-masing tiga bendera tuan rumah.

JIP ini diprogram untuk menjadi maskot yang menyenangkan, ramah, dan sporty. Ia digambarkan sebagai robot yang memiliki kemampuan menggiring bola yang hebat dan dunk supersonik.

JIP rencananya akan datang di tiga kota sebagai lokasi venue FIBA World Cup 2023. Lokasi tersebut adalah Manila (Filipina), Jakarta (Indonesia), dan Okinawa (Jepang). JIP akan menyapa penggemar basket di tiga kota tersebut pada Sabtu dan MInggu, 30-31 Juli mendatang.

Direktur Eksekutif FIBA Basketball World Cup 2023 David Crocker mengatakan nama JIP cocok untuk menyatukan ketiga negara tuan rumah. “Nama JIP sangat cocok untuk maskot yang dirancang dengan indah ini karena menggabungkan dan menyatukan ketiga negara tuan rumah.”

”Pengumuman ini bertujuan untuk membangun kegembiraan menuju turnamen tahun depan. Selain itu juga memberikan kesempatan bagi para penggemar untuk bertemu dan berinteraksi dengan maskot unik pada akhir bulan ini,” ujar Crocker dalam keterangan resminya.

Untuk Jakarta sendiri, JIP akan bisa disaksikan di Sarinah Mall pada Sabtu mendatang pada pukul 15.00-17.00 WIB. Acara tersebut juga menghadirkan permainan keluarga dan kesempatan bermain dengan JIP. (rag)

Foto: FIBA

Komentar