IBL

Tim nasional basket putri Indonesia semakin serius dalam mempersiapkan diri jelang SEA Games 2023 Kamboja. Selain sudah melakukan pemusatan latihan jangka panjang, timnas putri juga terus menambah ilmu mereka.

Terbaru, manajemen timnas putri mendatangkan sosok pelatih individu asal Amerika Serikat bernama Chris Matthews atau yang lebih dikenal dengan nama Instagram Lethal Shooter. Chris sudah membangun citra yang baik sebagai salah satu pelatih spesialis menembak terbaik di liga. 

"Chris sudah hampir satu pekan ada di sini dan membantu timnas putri," buka Christopher Tanuwidjaja, manajer timnas putri. "Di sini, ia jelas membantu perkembangan pemain untuk menembak, namun ia tak begitu saja melupakan filosofi dan strategi permainan dari Coach Sophie (kepala pelatih timnas putri)."

"Sebelum ke sini, waktu masih di Amerika Serikat, ia sudah minta data mengenai strategi permainan timnas. Ia mengembangkan latihan untuk mengoptimalkan strategi-strategi yang sudah kami latih tersebut," imbuh pria yang akrab disapa Itop ini. 

Lethal Shooter sendiri sudah menangani klien dari level junior, NCAA, hingga pemain NBA seperti Anthony Davis, Anthony Edwards, hingga Kevin Durant. Untuk level sebuah tim, ini adalah kali pertama ia terjun membantu persiapan sebuah tim, apalagi tim nasional. 

"Ini pengalaman yang menarik untuk saya. Namun, sejak saya datang di sini, saya terkesima dengan bagaimana para pemain di sini ingin menjadi lebih baik di setiap sesi latihan yang kami jalani," tutur pria asal New York ini. 

"Saya bisa bilang, basket perempuan jauh lebih menyenangkan dan lebih baik dari basket pria. Di sini, fundamental sangat penting. Saya juga percaya bahwa para pemain timnas putri ini, tidak jauh berbeda dengan pemain di WNBA sana. Mereka hanya butuh lingkungan yang lebih baik untuk bersaing dan terus meningkatkan kemampuan mereka dari hari ke hari," imbuhnya. 

Turut hadir ketua umum Perbasi, Danny Kosasih, di acara jumpa wartawan ini. Danny berharap bahwa semua proses yang dilakukan timnas putri ini bisa mewujudkan target meraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja setelah hanya meraih perak di gelaran sebelumnya.

 

"Lawan utama kita (timnas putri) adalah diri kita sendiri," lanjut Itop. "Di gelaran sebelumnya, kita kalah karena sangat buruk di gim pertama. Kita tidak akan mengulangi itu lagi. Kita yakin kita bisa meraih emas di SEA Games nanti," pungkasnya. (DRMK)

Foto: Yoga Prakasita

 

Komentar