IBL

Selangkah demi selangkah tahapan naturalisasi tiga pemain basket dilalui dengan lancar. Senin kemarin, 5 Oktober 2020, Komisi III DPR RI yang membidangi hukum, hak asasi manusia, dan keamanan memberi restu. Tahap selanjutnya, mereka akan menghadap ke Komisi X yang membidangi pendidikan, olahraga, dan sejarah.

Tiga pemain yang mengikuti proses tersebut yaitu Lester Prosper dan Brandon Jawato untuk tim putra, dan Kimberley Pierre-Louis di tim putri. Mereka bertiga sebenarnya sudah menjalani proses naturalisasi sejak pertengahan tahun 2019 lalu, bersama Peyton Alexis Whitted yang tampil di cabang olahraga basket 3x3. Mereka diproyeksikan tampil di SEA Games 2019 Manila. Sayangnya, hanya Peyton Alexis Whitted yang rampung. Sedangkan tiga pemain, yaitu Prosper, Jawato, dan Kim, tidak bisa memperkuat timnas Indonesia karena prosesnya belum selesai.

Rapat kerja dengan Komisi III berlansung secara virtual. Dalam rapat tersebut hadir pula Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali. Sedangkan dari federasi basket Indonesia ada Ketua PP Perbasi Danny Kosasih, Manajer Timnas Basket Putra, M. Fareza Tamrella dan Manajer Timnas Basket Putri, Christopher Tanuwidjaja.

Komisi III akhirnya memberikan rekomendasi untuk naturalisasi tiga pemain tersebut. Langkah berikutnya adalah rapat dengan Komisi X DPR RI yang merupakan mitra Kemenpora, karena lingkup tugasnya adalah bidang pendidikan, olahraga dan sejarah.

"Saya bersyukur semuanya berjalan lancar. Kami juga berterima kasih kepada Komisi III yang sudah memberi restu," kata Fareza Tamrella selaku manajer timnas putra.

Bila sudah menyelesaikan tahap ini, rekomendasi yang diberikan Komisi III dan Komisi X akan dibawa dalam Sidang Paripurna DPR RI. Apabila rekomendasi diterima, maka DPR RI akan bersurat ke Presiden Republik Indonesia. Setelah itu, Presiden akan membuat Keputusan Presiden dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah sebagai WNI di Kanwil Kemkumham yang ditunjuk. Bila pengambilan sumpah sudah dilakukan, maka para pemain sudah resmi menjadi WNI (Warga Negara Indonesia).

"Paling utama, saya berharap seluruh proses naturalisasi ini bisa berjalan lancar. Kami berharap bulan Oktober ini semua pemain sudah resmi menjadi WNI. Kami ingin Lester dan Jawato bisa bermain di FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers yang dijadwalkan bulan November nanti," tutup Fareza. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar