IBL

Timnas Basket Putra Indonesia sedang menjalani pemusatan latihan di Bandung sebagai persiapan mengikuti lanjutan Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 (FIBA Asia Cup). Setelah berlatih selama empat minggu, akhirnya mereka menjalani uji tanding pertama melawan Amartha Hangtuah, Rabu, 9 September 2020. Timnas sudah memasuki tahap latihan strategi.

"Ini adalah uji coba pertama. Kami memang sudah memulai latihan tahapan pola permainan," kata Fareza Tamrella selaku manajer.

Fareza menyebut ada peningkatan setelah latihan intensif selama empat minggu. Salah satunya soal fisik para pemain. Mereka menjalankan pemusatan latihan sejak 17 Agustus lalu. Beberapa hari kemudian, kepala pelatih Rajko Toroman tiba di tanah air dan memimpin langsung pemusatan latihan tersebut.

Pemain yang mengikuti pemusatan latihan tersebut antara lain Brandon Van Dorn Jawato, Laurentius Steven Oei, Kevin Yonas Argadiba Sitorus, Jamarr Andre Johnson, Yudha Saputera, Kelvin Sanjaya, Julian Alexander Chalias, Abraham Damar Grahita, Vincent Rivaldi Kosasih, Arki Dikania Wisnu, Hardianus Lakudu, Andakara Prastawa Dhyaksa , Derrick Michael Xzavierro , dan Agassi Yeshe Goantara.

Dari akun instagram @perbasi.ina, Lester Prosper juga sudah merapat ke Indonesia. Calon pemain naturalisasi tersebut belum bergabung karena masih menjalani karantina mandiri.

Kabarnya hari ini, 10 September 2020, Lester Prosper, Brandon Jawato, dan Kimberly Pierre Louis akan mengikuti Rapat Dengar Pendapat bersama DPR RI. Agendanya adalah membahas kelanjutkan proses naturalisasi mereka bertiga.

Prosper dan Jawato belum selesai proses naturalisasinya, sehingga mereka tidak bisa memperkuat timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia FIBA jendela pertama pada awal tahun lalu. Sementara Kimberly yang disiapkan untuk SEA Games 2019 lalu juga gagal bergabung karena kendala yang sama. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar