IBL

Timnas putri Indonesia senior sedang melakukan pemusatan latihan guna mengikuti turnamen FIBA Women's Asia Cup di Amman, Jordania, pada 7-13 November mendatang. Kali ini PP Perbasi mendatangkan kepala pelatih asal Taiwan bernama Lin Chi Wen. Pemusatan latihan berlangsung di Surabaya.

Sebelumnya, timnas putri Indonesia diasuh oleh Lori Chizik asal Australia, pada SEA Games 2019 Manila. Mereka berhasil membawa pulang medali perunggu. Kali ini timnas putri melakukan penyegaran dengan mendatangkan pelatih baru, dengan pertimbangan pengalaman. Lin Chi Wen sendiri sudah menjadi asisten pelatih timnas Taiwan sejak 2018.

"Kami tertarik dengan disiplin dan kerja keras dari para pemain Taiwan. Untuk itu, kami mendatangkan pelatih dari sana. Kami berharap, beliau bisa menanamkan hal yang sama untuk tim Indonesia," ungkap Christopher Tanuwidjaja, selaku manajer timnas putri Indonesia, dikutip dari rilis PP Perbasi.

Pada turnamen FIBA Women's Asia Cup 2021 nanti, Indonesia akan bertanding di Divisi B. Untuk babak penyisihan, Indonesia akan bertanding melawan Kazakhstan, Sri Lanka, Saudi Arabia, Lebanon, Syria dan Iran. Bagi Christopher, kesempatan ini tak boleh dilewatkan timnas putri untuk bisa mencetak prestasi yang lebih tinggi.

"Ini adalah kesempatan yang sangat bagus bagi Indonesia, yang secara peringkat masih dibawah, untuk Zona Asia. Sudah beberapa tahun Indonesia tidak dapat mengikuti Asia Cup ini, karena biasanya hanya digelar untuk negara-negara yang sudah masuk Divisi A saja," terang Christopher. 

Ada 15 pemain yang sekarang masuk pemusatan latihan timnas putri Indonesia di Surabaya. Sementara rencana ini juga menemui hambatan. Karena pemain-pemain potensial sedang dipanggil daerah masing-masing untuk tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua.
Namun timnas putri tetap berusaha mengumpulkan pemain yang tersedia, agar bisa membentuk tim terbaik.

Berikut daftar pemain yang ikut pemusatan latihan timnas putri Indonesia:

1. Yuni Anggraeni
2. Annisa Widyarni
3. Agustin Elya Gradita Retong
4. Sumiati Sutrisno
5. Nathania Claresta Orville
6. Priscilla Annabel Karen
7. Gabriel Sophia
8. Lea Elvensia Wolobubo Kahol
9. Mega Nanda Perdana Putri
10. Angelica Jennifer Candra
11. Kimberley Pierre Louis
12. Jovita Elizabeth Simon
13. Felicia Huang Alvira
14. Natasya Amelia Putri
15. Aimee Tampu Francienne

Di antara nama-nama tersebut, ada satu pemain naturalisasi, yaitu Kimberley Pierre Louis. Kehadirannya memperkuat timnas putri.

"Kami diperbolehkan untuk menggunakan 1 Pemain Naturalisasi oleh FIBA, maka kami memilih untuk memanggil Kimberley Pierre Louis. Semoga kami bisa membawa Indonesia menembus Divisi A," ungkap Christopher.

Sementara itu, Sekjend PP Perbasi Nirmala Dewi mengatakan, federasi siap memberikan dukungan penuh atas persiapan timnas bola basket puteri ke FIBA Women's Asia Cup 2021.

"Ini ajang sangat penting bagi perkembangan timnas bola basket kita. Kami berharap kejuaraan ini betul-betul dimaksimalkan untuk menaikkan level permainan kita. Kami dari Perbasi berada di belakang adik-adik pemain dan akan berikan dukungan maksimal agar bisa berikan yang terbaik untuk Indonesia," pungkas Nirmala. (tor)

Sumber berita: Rilis PP Perbasi
Foto: Yoga Prakasita

Komentar