IBL

Setelah babak kualifikasi usai, timnas Amerika Serikat mempersiapkan diri ke FIBA World Cup 2023. Mereka akan menggelar serangkaian laga uji coba di Abu Dhabi. Pada Rabu (8/3) waktu setempat, USA Basketball mengumumkan kesepakatan dengan Departemen Budaya dan Pariwisata Abu Dhabi.

“Kami sangat senang bisa terlibat dengan penggemar di seluruh dunia sambil menawarkan pengalaman yang tak terlupakan kepada para pemain dan pelatih kami di dalam maupun di luar lapangan,” kata CEO Bola Basket AS Jim Tooley dalam pernyataan resminya.

AS mengundang Yunani dan Jerman pada uji coba tersebut. Ini juga menjadi pertama kalinya timnas putra AS bermain di Uni Emirat Arab. Sebelumnya NBA melakukan ekspansi dengan menggelar pramusim di Timur Tengah antara Milwaukee Bucks dan Atlanta Hawks.

“Kami berterima kasih kepada federasi nasional Yunani dan Jerman atas partisipasinya saat kami mempersiapkan diri untuk FIBA World Cup 2023, yang bisa dikatakan ini merupakan turnamen internasional terberat.”

AS menjadi tim kedua lolos Americas Qualifiers setelah Kanada. AS memastikan tiket FIBA World Cup 2023 dengan menempati posisi pertama Grup F. Disusul Meksiko, Puerto Rico, Republik Dominika, Venezuel, dan Brazil.

Pada FIBA World Cup 2023 nanti, AS dipastikan berlaga di Filipina. Begitu pula Kanada yang akan menjalani laga grup di Indonesia. Undian akan dilakukan pada 29 April mendatang di Filipina.

USA Basketball menambahkan bahwa informasi terkait roster, jadwal siaran, hingga pemusatan latihan akan diumumkan dikemudian hari. Ini juga akan menjadi momen AS dilatih Steve Kerr setelah Gregg Popovic. Pelatih Golden State Warriors tersebut akan dibantu asisten Erik Spoelstra, Tyronn Lue dan Mark Few.

FIBA World Cup 2023 nanti juga akan menjadi kesempatan AS untuk kembali merebut tahta. Usai menjadi juara dunia dua kali beruntun pada 2010 dan 2014, AS justru tumbang di perempat final dari Prancis pada FIBA World Cup 2019. Hal ini yang membuat AS didepak Spanyol dari puncak ranking dunia pada November lalu. (rag)

Foto: USA Basketball

Komentar