IBL

Catatan Amerika Serikat (AS) belum tercoreng. Mereka melaju ke ronde kedua sebagai juara grup C. AS meraih kemenangan kedua setelah menjungkalkan Yunani 109-81 pada Senin (28/8) di Mall of Asia Arena, Manila.

Solidnya kekuatan AS di segala lini membuat Yunani hanya bisa memberikan perlawanan di kuarter pertama. AS melenggang mulus di babak berikutnya hingga mencapai keunggulan tertinggi 31 poin.

Mereka mencatat akurasi 57 persen dari 35/61 tembakan. Termasuk 9/22 tripoin. AS hanya melewatkan 4 dari 34 tembakan gratis.

Pelatih AS Steve Kerr mengatakan timnya berusaha untuk selalu solid pada setiap kesempatan menyerang. Pihaknya juga ingin tetap memberikan tekanan kepada kepada lawan.

“Kami perlu melakukan hal itu malam ini karena Yunani bermain dengan sangat baik. Paruh pertama mereka terus memberikan perlawanan. Mereka tim yang bagus, dilatih dengan baik dan tangguh. Kami bermain lebih baik di paruh kedua dan membungkam mereka untuk memenangkan pertandingan ini,” ujar Kerr.

Semua pemain AS mencetak poin. Memulai gim dari bangku cadangan, Austin Reaves menjadi peraih skor tertinggi AS dengan 15 poin. Pemain Los Angeles Lakers sempurna dalam 6 tembakan gratis. Jalen Brunson dan Anthony Edwards masing-masing mencetak 13 poin. Josh Hart memberikan 9 poin dan 11 asis.

“Kami terus menjadi lebih baik dan mengubah beberapa hal. Sekarang kami belajar setelah menang. Ini lebih baik daripada belajar dari kekalahan. Jadi, saya akan terus melanjutkannya,” kata Jalen Brunson.

Sedangkan dari pihak Yunani, Georgios Papagiannis aktif di bawah ring dengan membukukan 17 poin. Ditambah Nikos Rogkavopoulos dengan raihan 14 poin dan 4 rebound.

AS melanjutkan fase penyisihan grup dengan melawan Yordania pada lusa. Sedangkan Yunani melanjutkan laga krusial. Mereka akan memperebutkan runner up grup melawan Selandia Baru. (rag)

Foto: FIBA

Komentar