IBL

Bola basket internasional sudah mendekati kompetisi besar. Indonesia, Jepang, dan Filipina akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023. Timnas Amerika Serikat (USA) memang belum menyiapkan tim. Karena Direktur Pelaksana Timnas USA, Grant Hill, sengaja tidak membuat daftar pemain sejak awal. Namun kabarnya Steve Kerr sudah membicarakan beberapa pemain yang bakal masuk timnas USA. 

Timnas bola basket Amerika Serikat sedang dalam proses membangun roster di bawah kepala pelatih baru Steve Kerr. Dikutip dari laporan Joe Vardon (The Athletic), Grant Hill menyebutkan bahwa pemain tidak perlu berkomitmen dalam pemusatan latihan jangka panjang. Tapi dia sudah mengantongi setidaknya dua nama bintang NBA yang bersedia tampil membela Amerika Serikat di Piala Dunia FIBA 2023. 

Namun setelah Vardon menanyakan langsung pada Steve Kerr, kepala pelatih Golden State Warriors tersebut sudah punya tiga nama yang bakat tampil membela timnas. Mereka adalah Jaren Jackson Jr. (Memphis Grizzlies), Desmond Bane (Memphis Grizzlies) dan Alex Caruso (Chicago Bulls). 

Jackson adalah favorit peraih gelar Defensive Player of the Year musim ini. Sedangkan Caruso disebut-sebut sebagai garda dengan kemampuan terbaik tahun ini. Lalu Bane sekarang jadi salah satu penembak jitu terbaik di NBA. Menurut Vardon, Kerr telah berkomunikasi dengan kepala pelatih tim NBA lainnya. Kerr secara pribadi meminta dukungan, serta berharap mereka mengizinkan pemainnya untuk dibawa ke Piala Dunia FIBA 2023. 

Biasanya, Amerika Serikat mengirim tim dengan pemain muda ke Piala Dunia FIBA, dan membawa pemain senior ke Olimpiade. Namun, masih belum jelas nama besar NBA mana yang berencana bermain di Paris pada 2024. LeBron James sudah tidak bermain di Olimpiade sejak 2012, dan Kevin Durant kini telah memenangkan tiga medali emas untuk timnas USA. 

Sementara, Stephen Curry belum pernah bermain di Olimpiade. Jadi jangan heran jika Kerr, pelatih NBA-nya, meminta Curry masuk timnas USA di tahun 2024. Namun untuk saat ini, fokus timnas USA tampaknya ada pada penyusunan tim ke Piala Dunia FIBA 2023. (*)

Foto: nba.com

Komentar