IBL

Amerika Serikat (AS) tampil solid di laga perdana Piala Dunia FIBA 2023. Mereka meraih kemenangan 99-72 atas Selandia Baru pada Sabtu (26/8) di Mall of Asia Arena, Manila. AS memperpanjang rekor tak terkalahkan sejak 5 gim uji coba.

AS merespon dengan baik kesulitan di 15 menit pertama. Tim asuhan Steve Kerr itu bisa menemukan ritme dan tak terkejar di kuarter berikutnya. AS mencatat 35/59 tembakan dengan akurasi 59 persen plus 8/18 tripoin.

Steve Kerr mengakui mereka mendapat pengalaman yang berharga dalam pertandingans seperti ini. Pelatih Golden State Warriors itu juga mengakui bahwa Selandia Baru merupakan tim yang kuas dengan tipe permainan fisik yang tangguh.

“Kami perlu mengalami pertandingan seperti ini. Tapi saya menyukai bagaimana cara kami merespon. Memang berat bertahan selama 40 menit dan mengalahkan mereka. Jika bisa bertahan dalam kondisi seperti itu, kami bisa memenangkan pertandingan,” ujar Kerr.

Raihan poin AS hampir merata dengan enam pemain mencetak dobel digit. Kedalaman skuad dibuktikan dengan raihan 54 poin dari bangku cadangan.

Paolo Banchero memimpin AS dengan 21 poin. Disusul Anthony Edwards dengan raihan 14 poin dan 7 rebound. Jaren Jackson Jr. dan Austin Reaves masing-masing 12 poin. Sedangkan Jalen Brunson dan Tyrese Haliburton mengombinasikan 20 poin.

“Terus terang ini bukan awal pertandingan yang kami inginkan. Tetapi dengan intensitas dan kemampuan fisik yang kami miliki, setelah 15 menit pertama kami bisa lebih baik. Kami akan belajar dari hal ini untuk pertandingan berikutnya melawan Yunani,” kata Reaves.

Sementara itu Reuben Te Rangi mencetak 15 poin untuk Selandia Baru. Finn Dellany dan Hyrum Harris memiliki skor identik 12 poin. Yannick Wetzel menyumbang 10 poin. AS akan menantang Yunani pada lusa. Selandia Baru berhadapan dengan Yordania.

Yunani akan menjadi tantangan AS berikutnya. Kemudian Selandia Baru berhadapan dengan Yordania pada lusa. (rag)

Foto: FIBA

Komentar