IBL

Timnas Amerika Serikat semakin percaya diri menuju Piala Dunia FIBA 2023. Tim asuhan Steve Kerr itu menjadi salah tim yang tidak menelan kekalahan dalam laga uji coba. AS menyapu bersih 5 gim. Di samping itu ada Italia dan Latvia yang masih menyisakan satu gim lagi.

AS menjalani pemusatan latihan di Las Vegas pada awal Agustus ini. Mereka menggulung Puerto Rico 117-74 di T-Mobile Arena, Las Vegas pada 7 Agustus lalu. Kemudian mereka terbang ke Spanyol untuk dua laga uji coba. Hasilnya mereka menang 92-62 atas Slovenia dan 98-88 dari Spanyol.

AS melanjutkan perjalanan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dalam pertandingan di Etihad Arena itu, AS menaklukkan Yunani 108-86 dan menutup perjalanan dengan keunggulan 99-91 atas Jerman.

Pada pertandingan terakhir melawan Jerman pada Minggu (20/8) itu, AS sempat tertinggal hingga 15 poin di paruh pertama. Pada enam menit mereka menahan Jerman dan mencetak 18-0. Dari 18 poin beruntun itu, Anthony Edwards mennyumbang 10 poin.

Ant-Man tampil luar biasa. Pemain Minnesota Timberwolves itu mencetak 34 poin dari 11/20 tembakan. Mengawali gim dari bangku cadangan, Tyrese Haliburton dan Austin Reaves mencetak angka identik dengan 16 poin.

“Ini sangat menyenangkan. Saya tidak bersenang-senang seperti ini lagi sebentar lagi. Jadi ya, ini sangat mengasyikkan. Kami tertinggal 15 poin dan itu sempat jadi kesulitan,” kata Edwards.

Selama lima laga uji coba ini Edwards memiliki rata-rata 19.2 poin dengan akurasi 51 persen. Kemampuan tersebut menjadi hal krusial bagi AS. Mereka berusaha mengejar rekor sebagai tim dengan gelar terbanyak Piala Dunia.

Saat ini rekor AS dan Yugoslavia imbang dengan masing-masing 5 gelar dan 3 finalis. AS sedikit lebih unggul 4 kali posisi ketiga. Sedangkan Yugoslavia 2 kali posisi ketiga.

AS membawa sejumlah pemain muda yang tengah naik daun ke Piala Dunia FIBA 2023 ini. Mereka akan bertolak ke Manila, Filipina pada Senin (21/8) waktu setempat. AS menjalani laga perdana melawan Selandia Baru pada Sabtu (28/8) di Mall of Asia Arena.

“Kami masih memiliki banyak hal untuk dikembangkan dalam perjalanan ke Manila. Kami berangkat kesana dengan sangat percaya diri. Tim ini memiliki ikatan satu sama lain. Mereka bermain dengan baik dan saling berjuang. Ini merupakan langkah besar,” ujar Kerr. (rag)

Foto: USA Basketball

Komentar