IBL

Timnas Amerika Serikat telah merilis roster untuk FIBA World Cup 2023. Tim tersebut dipenuhi oleh para pemain muda NBA yang sedang naik daun. Menariknya tidak ada superstar dalam tim ini.

“Atas nama USA Basketball, saya dengan senang hati memperkenalkan Timnas Putra AS 2023, yang menampilkan beberapa bakat yang paling cemerlang di bola basket,” kata Direktur Pelaksana Timnas Basket Putra AS Grant Hill.

“Saya yakin dengan bekerja sama di bawah kepemimpinan staf pelatih kami yang luar biasa, tim ini akan dengan bangga mewakili AS musim panas ini di Manila,” lanjut Hill.

FIBA World Cup 2023 akan berlangsung pada 25 Agustus-10 September mendatang. AS akan berlaga di Filipina. AS berada di grup C bersaing dengan Yunani, Selandia Baru, dan Jordania. Pada babak kedua AS bisa bertemu dengan Lithuania, Montenegro, Meksiko, atau Mesir (grup D).

Ini juga menjadi turnamen besar perdana AS di bawah asuhan pelatih Steve Kerr. Pelatih Golden State Warriors itu dibantu oleh staf pelatih yang terdiri dari Erik Spoelstra (Heat), Tyronn Lue (Clippers), dan Mark Few (Gonzaga).

“Saya yakin tim ini akan mewakili negara kami dengan baik, dengan usaha, bakat, dan komitmen untuk menang bersama. Kami berharap dapat bersaing memperebutkan medali emas di FIBA World Cup akhir musim panas ini,” ujar Steve Kerr.

Sebanyak tiga dari 12 pemain yang terpilih itu, merupakan pemain dari NBA All-Star 2023. Mereka adalah Anthony Edwards, Jaren Jackson Jr., dan Tyrese Haliburton. Juga ada Paolo Banchero sebagai Rookie of the Year 2023.

Banchero sebenarnya memiliki kesempatan bermain untuk timnas Italia. Pemain Orlando Magic itu memiliki ayah keturunan Italia. Sedangkan Jackson sendiri merupakan Defensive Player of the Year 2023.

Misi mereka tentu saja merebut emas. Apalagi AS terdepak dari puncak ranking dunia dari Spanyol. Pada FIBA World Cup 2019 lalu, AS terlempar di peringkat ketujuh. Mereka kalah dari Prancis di perempat final. Gelar juara akhirnya menjadi milik Spanyol.

Dalam turnamen di Cina itu, roster AS diisi oleh pemain seperti Donovan Mitchell, Marcus Smart, Jaylen Brown, Jayson Tatum, Myles Turner, hingga Khris Middleton. Tim tersebut dibesut oleh Gregg Popovich.

Setelah itu AS mengirimkan skuad yang lebih “serius” di Olimpiade Tokyo 2020. Termasuk Kevin Durant, Draymond Green, Damian Lillard, Devin Booker, dan Bam Adebayo. Mereka mempertahankan emas keempat beruntun. (rag)

 

Foto: FIBA

Komentar