IBL

RJ Amartha Hangtuah Jakarta membalas kekalahan atas RANS PIK Basketball, Sabtu (4/3). Di pertemuan keduanya musim ini, Hangtuah dominan sepanjang laga dan menang 87-76. 

Hangtuah tak sekalipun pernah tertinggal di gim ini terlepas dari ada lima kali situasi imbang. Agresivitas Hangtuah berbuah 41 percobaan tembakan gratis yang 29 di antaranya berhasil masuk (71 persen). 

Di lain sisi, pertahanan zona 2-3 Hangtuah juga cukup berhasil mematikan serangan dari dalam RANS PIK. Di pertemuan pertama, RANS PIK menghasilkan 50 point in the paint sedangkan di gim hari ini hanya 30 poin. 

"Kami belajar banyak dari kekalahan atas Bumi Borneo di gim sebelumnya dan kekalahan atas RANS PIK di pertemuan pertama," buka Antonius Ferry Rinaldo, kepala pelatih Hangtuah. "Kami tidak boleh kecolongan di area paint. Kami menyiapkan diri dengan lebih baik dan semua menjalankannya dengan baik. Jika kami punya fokus dan semangat seperti ini, kami seharusnya tak kehilangan 10 gim," imbuhnya. 

Ronnie Boyce III jadi top skor gim dengan 30 poin, 12 rebound, 5 asis, dan 3 steal. Ronnie memasukkan 11/19 tembakan (58, persen). Stevan Neno terus panas di Solo. Selama 37 menit bermain, Neno membukukan 18 poin, termasuk di dalamnya 3/4, tripoin (75 persen). 

Daniel Wenas membantu dengan 10 poin dan 4 rebound selama 20 menit. Delapan dari sembilan pemain Hangtuah yang bermain berhasil menyumbangkan setidaknya tiga poin. 

Dari RANS PIK, memainkan gim keduanya, Roscoe Smith menyumbangkan 15 poin dan 9 rebound. Akeem Scott Scott menambahkan 11 poin dan 7 rebound sementara Valentino Wuwungan membukukan 10 poin plus 7 rebound. 

"Kami tahu keunggulan kami adalah di bawah ring. Hari ini pun kami dapat 20 offensive rebound. Sayangnya, bola tidak bisa sampai ke bawah ring saat menyerang. Kami masih kesulitan memecahkan zone lawan. Selain itu, empat gim di Solo, kamu selalu tertinggal belasan poin, dan dia dua gim terakhir kami tidak bisa mengejarnya," ujar Bambang Asdianto Pribadi, Kepala Pelatih RANS PIK. 

Ini adalah kemenangan keenam Hangtuah musim ini dari 16 laga. Bagi RANS PIK, ini baru kekalahan kelima mereka dari 14 laga. (DRMK)

Foto: Hariyanto 

Komentar