IBL

Jika dibuka kembali lembaran sejarah timnas Amerika Serikat, maka akan kita temukan sosok Kobe Bryant dalam "Redeem Team". Sebuah tim yang dibuat untuk Olimpiade Beijing tahun 2008, setelah timnas Amerika Serikat dipermalukan di kancah internasional. Namun kali ini fokus ceritanya bukan di timnya, melainkan salah satu sepatu bersejarah yang menjadi bagian dari perjalanan Kobe Bryant. 

Mendiang Kobe Bryant memimpin "Redeem Team" meraih medali emas Olimpiade Beijing 2008. Alih-alih memakai sepatu khasnya sendiri, Kobe justru mengenakan Nike Hyperdunks sepanjang turnamen. Kemudian setelah hampir setahun Kobe meraih medali emas Olimpiade 2008, tepatnya pada bulan Juli 2009, Nike merilis Kobe 4 "Gold Medal". Sebuah sepatu berwarna emas untuk menandai kesuksesan Kobe Bryant di Beijing. 

Foto: Orange County Register

Jika dikaitkan dengan situasi sekarang, di mana timnas Amerika Serikat membuat sebuah "Tim Super" yang akan membalas rasa malu mereka di beberapa turnamen internasional dalam beberapa tahun terakhir, maka masuk akal kalau Nike menyiapkan sebuah produk yang cocok. Nike punya rencana untuk merilis Kobe 4 Protro "Gold Medal" pada 5 Agustus 2024. Untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, para penggemar akan mendapatkan kesempatan lagi untuk membeli sepatu basket ikonik dan patriotik tersebut, karena tanggal rilis resminya telah diumumkan oleh beberapa outlet. 

Sepatu basket yang ikonik ini memiliki bagian atas berwarna putih dengan lapisan kulit emas di sekeliling tumit, kerah pergelangan kaki, dan penutup jari kaki. Logo swoosh angkatan muncul di bagian samping, sedangkan logo emas Kobe muncul di lidah. Detail merah muncul di seluruh sepatu, melengkapi estetika kebanggaannya. Nike Kobe 4 Protro "Gold Medal" akan dijual seharga 190 dolar Amerika untuk ukuran dewasa. 

Foto: hypebeast

Nike jelas menemukan waktu yang tepat untuk merilis sepatu ini lagi. Karena timnas Amerika Serikat akan berada di tengah-tengah kompetisi Olimpiade Paris 2024 di awal bulan Agustus. Tentu saja perpaduan antara nostalgia dan patriotisme akan berada di titik tertinggi saat ini. Keputusan Nike memanfaatkan momen tersebut sangat tepat. 

Masalahnya sekarang, kebanyakan konsumen ingin mengetahui berapa banyak sneakers tersebut yang akan diproduksi. Pertanyaan itu belum terjawab. Sejak meluncurkan kembali "Kobe Brand" pada bulan Agustus 2023 lalu, Nike membatasi setiap rilisnya, terutama warna-warna yang lebih banyak dicari dan bernilai sejarah. (*)

Foto: hypebeast.com

Komentar