IBL

Kemarin, sebelum meliput pertandingan antara Portland Trailblazers melawan Houston Rockets, saya sempat khawatir gamenya tidak akan seru karena Rockets memang tidak dalam performa terbaik. Apalagi Rockets bermain tanpa bintang muda mereka, Jalen Green dan Kevin Porter Jr.. Namun yang terjadi sebaliknya, ternyata naik kereta dari Seattle ke Portland selama 3,5 jam tidak rugi sama sekali.

Itu semua terbayar setelah Damian Lillard memberikan performa yang tidak terlupakan dan malam bersejarah dengan mencetak 71 poin untuk membawa Blazers menang 131-114 atas Rockets. Blazers memberikan kekalahan kesembilan Rockets dalam 10 pertandingan terakhir mereka.

"Bisa membuat (71 poin) di depan pendukung tuan rumah, itu spesial sekali untuk saya. Ini adalah pendukung nomor satu Anda, jadi Anda ingin merasakan momen seperti ini dengan mereka," terang Lillard setelah pertandingan. Ini sejarah baru untuk Blazers karena sebelumnya belum pernah ada pemain Blazers yang bisa mencapai torehan poin sebanyak ini.

Lillard bermain agresif dari awal pertandingan di mana dia langsung mencetak 41 poin di babak pertama. Pertahanan dari Rockets tidak menemukan jawaban untuk membendung Lillard. Pencapaian Lillard ini juga terbantu dengan Rockets yang sempat mengejar Blazers dari ketinggalan 21 poin sehingga pelatih Blazers, Chauncey Billups tidak punya pilihan selain memberikan menit kepada Lillard.

Di gim ini, Lillard juga mencetak 13 tripoin yang merupakan jumlah kedua terbanyak dalam sejarah NBA, dia hanya kalah dari Klay Thompson yang memegang rekor dengan 14 tripoin dalam satu gim.

Atmosfer di Moda Center sangat luar biasa apalagi saat Lillard membawa bola. Semua pendukung selalu mengantisipasi Lillard untuk menembak dan selalu ada suara lemas saat Lillard mengoper bolanya. Lillard terakhir melakukan floater untuk poinnya yang ke-71 dan Billups langsung menariknya agar Lillard mendapatkan standing ovation di Moda Center.

"Saya belum pernah melihat seorang pemain yang bisa mencetak poin sebanyak ini tapi secara efisien. Dame (sapaan Lillard) terus memperlihatkan kita kelasnya dan sebagai pemimpin dari tim ini. Beruntung saya bisa menjadi bagian dari sejarah ini," komentar Billups tentang performa Lillard usai gim. 

Momen yang mengejutkan untuk Lillard adalah dia harus menjalani tes konsumsi zat terlarang (drug test) setelah gim padahal kemarin baru saja ia melakukan tes urin. "Saya tadi kaget sekali saat di panggil untuk drug test dengan di suntik. Saya takut sekali dengan jarum walaupun punya banyak tato. Cukup kaget tadi saat dipanggil."

Selain Lillard, Jerami Grant juga tampil solid dengan 13 poin dan Nassir Little menambahkan 11 poin untuk melengkapi kemenangan ke-29 Blazers musim ini. 

Blazers sekarang ini masih berada di posisi 11 klasemen sementara Wilayah Barat dan di pertandingan berikutnya mereka akan melawan Golden State Warriors. 

Foto: Rocky Padila 

Komentar