IBL

Pertukaran Gary Payton II ke Golden State Warriors hampir gagal. Warriors sempat menahan transaksi setelah dokter tim mengungkapkan soal kondisi cedera perut GP II pada Jumat (10/2) waktu setempat. Cedera tersebut dapat membuat GP II absen selama 2-3 bulan.

Meski begitu Warriors akhirya tetap menyelesaikan pertukaran yang melibatkan empat tim antara Portland Trail Blazers, Detroit Pistons, dan Atlanta Hawks itu. pada Minggu (12/2) Warriors tetap mengakuisisi GP II dari Blazers meski ada kekhawatiran seputar kondisi cedera perutnya. Kondisi itu juga yang membuat GPII baru bisa bermain 15 gim dengan Blazers pada musim ini.

“Warriors akan menunggu penyelidikan NBA atas dugaan kegagalan Portland Trail Blazers memberikan informasi medis pra-perjanjian yang relevan,” tulis sumber kepada ESPN. Warriors mengajukan keluhan ke NBA karena mereka tidak diberitahu tentang kondisi medis GPII sebelum terjadinya kesepakatan.

Ada kesalahan informasi itu bisa merugikan Warriors dan berdampak pada tim-tim yang terlibat pertukaran.  Jika Blazers terbukti bersalah tentang informasi medis GPII, liga bisa menjatuhkan hukuman kepada Blazers. Hukuman itu bisa berupa denda atau kehilangan draft pick.

Baca juga: Warriors Bawa Kembali Gary Payton II

Dilansir melalui ESPN, Warriors menyebutkan bahwa Blazers juga “memaksa” GPII untuk bermain dalam 15 gim musim ini. Sebelumnya GPII telah melewatkan 35 gim setelah menjalani operasi perut. “Blazers tidak memberitahu Warriors bahwa Payton telah meminum obat penghilang rasa sakit Toradol untuk membantunya bermain di pertandingan musim ini.”

Dalam pertukaran itu, Warriors memberikan James Wiseman ke Pistons. Kemudian Pistons menukar Saddiq Bey ke Hawks. Lalu Kevin Knox ke Blazers. Warriors juga mengirim lima draft pick putaran kedua ke Blazers.

Pada Jumat (10/2) Joe Cronin, Manajer Umum Blazers, merasa yakin dengan kondisi medis GPII.  “Kami memainkannya, dia bermain, dan telah diperiksa dan kami yakin dia sehat ketika bermain. Kami tidak akan membawanya kembali jika kami pikir dia tidak sehat,” ucapnya.

Sementara itu status GPII saat ini masih belum jelas. Ia menjalani gim terakhirnya melawan Warriors pada Rabu (8/2) lalu. Dalam 15 gim dengan Blazers, GPII rata-rata mencetak 4,1 poin, 2,6 rebound, dan 1,5 asis. Musim lalu ia menjadi kunci dari lini pertahanan Warriors dan membantu tim tersebut meraih gelar keempat dalam 8 musim terakhir

Foto: NBA

Komentar