IBL

Gary Payton II akhirnya bisa merasakan cincin juara melingkar di jarinya. Momen tersebut terjadi pada Jumat (30/12) di Chase Center, San Francisco, sebelum pertandingan antara Golden State Warriors vs Portland Trail Blazers.

GPII menerima cincin setelah ikut andil membawa Warriors menjuarai NBA 2021-22 pada Juni lalu. Satu bulan kemudian GPII berpindah ke Blazers. Ia menandatangani kontrak selama tiga tahun dengan nilai AS$28 juta.

Ini merupakan momen pertama GPII kembali ke Bay Area sebagai lawan. Cincin tersebut diserahkan oleh Draymond Green, tepat sebelum tepis mula. Acara penyerahan cincin itu memang cepat. Tapi terasa menyenangkan untuk dilihat.

Green sangat antusias menjadi orang yang menyerahkan cincin itu kepada GPII. Kepergian GPII dari Warriors memang disayangkan rekan-rekannya. Tetapi Green memahami situasi tersebut.

“Tetapi yang paling penting melihat apa yang telah ia berikan untuk meraih gelar juara ini. Saya sangat bersemangat dan terhormat menjadi orang yang mewakili (penyerahan). Ini sesuatu yang penting dan tidak ada yang bisa mengambilnya selama sisa hidupnya,” kata Green.

GPII sendiri belum bermain di musim ini karena masih pemulihan cedera setelah operasi. Dari hasil pemeriksaan fisik sebenarnya Blazers sudah mengizinkan GPII untuk kembali tampil. Tetapi pemain berusia 30 tahun itu belum siap secara mental untuk beraksi di lapangan.

“Ini akan menjadi momen yang luar biasa. Gary adalah bagian dari kisah besar kami musim lalu. Kami melepasnya sebelum pemusatan latihan. Dia menjadi salah satu pemain penting kami. Tanpanya kami tidak akan memenangkan gelar ini,” ujar Steve Kerr, pelatih Warriors, sebelum pertandingan.

Selama playoff 2021-22 lalu, GPII memberikan 6,5 poin, 3,2 rebound, 1,3 asis dengan 53,3 persen tripoin. Saat final melawan Boston Celtics, GPII rata-rata membukukan 7,0 poin, 3,2 rebound, dan 1,4 asis. Perannya cukup krusial menjaga pertahanan Warriors. (rag)

Foto: San Francisco Chronicle

Komentar