IBL

Portland Trail Blazers mengontrak Gary Payton II (GPII) pada Juli lalu dengan status agen bebas. Ia turut membawa Golden State Warriors memenangkan kejuaraan musim lalu. Peran tersebut akan ia jalani di Blazers. Tetapi kemungkinan GPII tidak bisa mengikuti pemusatan latihan karena cedera.

Pada Jumat (16/9) waktu setempat, Blazers mengumumkan bahwa GPII menjalani operasi perbaikan cedera otot inti (core). Prosedur tersebut ditangani oleh Dr. William C. Meyers dan Dr. Alexander E. Poor di The Vincera Institute di Philadelphia.

“Proses pemulihan Payton berjalan dengan baik. Dia diharapkan bisa pulih sepenuhnya pada awal musim reguler mendatang,” tulis Blazers dalam pernyataan resminya.

Operasi tersebut telah dilakukan pada Juli lalu. Sementara Blazers sendiri akan menjalani pertandingan pertama NBA 2022-23 melawan Sacramento Kings pada 19 Oktober mendatang. Blazers akan menjalani pemusatan latihan dalam dua minggu kedepan.

Kedatangan GPII ke Blazers menjadi penandatanganan agen bebas terbesar bagi tim tersebut. Ia menandatangani kontrak tiga tahun dengan nilai AS$28 juta. Selain GPII, Blazers juga melakukan pertukaran dengan Detroit Pistons dan mendapatkan Jerami Grant. Blazers pun memperpanjang kontrak Damian Lillard, Anfernee Simons, dan Jusuf Nurkic.

GP II menghabiskan lima musim pertamanya di NBA bersama empat tim berbeda yaitu Milwaukee Bucks (2017), Los Angeles Lakers (2018), Washington Wizards (2019 dan Warriors (2021-2022).

Bersama Warriors ia tampil dalam 71 gim dengan rata-rata 7,1 poin dengan field goals 61,6 persen.GPII juga mencetak rata-rata 3,5 rebound, dan 1,4 steal serta memiliki akurasi tripoin 35,8 persen.

Musim lalu Blazers menjadi peringkat terakhir dalam defensive rating dengan 116,9 poin per gim. Mereka akan mengandalkan GPII yang menjadi salah satu pemain bertahan terbaik di liga musim lalu. Membawa pemain seperti GPII dan Grant memberi pesan bahwa Blazers yakin bisa bersaing di musim 2022-23 mendatang. (rag)

Foto: NBA, Bleacher Reports

Komentar