IBL

Tidak butuh waktu lama bagi Gary Payton II untuk kembali ke Bay Area. Setelah berpisah hampir 7,5 bulan, Golden State Warriors membawa “pulang” GP II dari Portland Trail Blazers. Pemain berusia 30 tahun itu menjadi salah satu bagian Warriors saat memenangkan gelar musim lalu.

Detik-detik menuju penutupan bursa transfer pada 9 Februari waktu setempat atau Jumat WIB menjadi waktu yang sibuk bagi Warriors. Mereka setuju untuk menukar GP II dengan lima draft pick putaran kedua dan Kevin Knox. Warriors baru saja menerima Knox dari Detroit Pistons sebagai ganti James Wiseman.

Menurut laporan ESPN pada Jumat (10/2) itu, pertukaran itu akan membuat Warriors menghemat sekitar AS$7 juta dalam pajak barang mewah (luxury tax) tahun ini dan AS$30juta pada musim 2023-24.

Keputusan Warriors itu disambut baik oleh para penggemarnya. Ya, ia merupakan sosok yang disukai oleh The Dub Nation, sebutan penggemar Warriors. Pada Oktober lalu Steve Kerr, pelatih Warriors, berharap GP II bisa kembali ke Warriors. Kini hal itu menjadi kenyataan.

Sehari sebelum bursa transfer ditutup, Warriors bertandang ke Moda Center, Portland pada Rabu (8/2) waktu setempat. Pertandingan itu dimenangkan oleh Balzers 125-122. Terlepas dari apapun hasilnya, gim tersebut menjadi momen khusus bagi GPII dan para pemain Warriors. Bahkan Jordan Poole bertukar jersi dengan GPII usai pertandingan.

Momen tersebut menjadi pertama kalinya GPII melawan Warriors musim ini. Saat Blazers bertandang ke Chase Center pada 30 Desember lalu, GPII masih belum bermain. Tetapi ia tetap datang untuk menerima cincin juara, yang secara simbolis diserahkan oleh Draymond Green.

GP II menandatangani kontrak dengan Blazers pada akhir musim 2022 sebagai agen bebas. Tetapi ia melewatkan 35 gim di awal musim ini karena pemulihan setelah operasi. Selama membela Blazers dalam 14 gim musim ini, GPII rata-rata mencetak 3,7 poin dan 2,6 rebound. Selama memperkuat Warriors, GPII mencetak rata-rata tertinggi selama kariernya dengan 7,1 poin dan 3,5 rebound dalam 71 gim. (rag)

Foto: NBA

Komentar