IBL

Damian Lillard tampil spektakuler, Rabu (25/1), waktu setempat. Lillard mencetak 60 poin, 7 rebound, dan 8 asis dalam kemenangan 134-124 Portland Trail Blazers atas Utah Jazz. 

Pemain yang akrab disapa Dame ini bermain 39 menit dan memasukkan 21/29 tembakan (72 persen), termasuk 9/15 tripoin (60 persen). Dame juga hanya meleset sekali dari 10 tembakan gratis (90 persen). 

Semua itu, jika dihitung secara statistik lanjutan (advanced stats), maka Dame memiliki True Shooting Percentage (TS%) di angka 89,8 persen. Itu adalah catatan TS% tertinggi dalam sejarah pemain yang mencetak 60+ poin dalam satu gim. 

Sepanjang kariernya, ini adalah kali keempat ia menyentuh 60 poin. Tiga di antaranya, ia menambahkan setidaknya 5 rebound dan 5 asis. Ia jadi yang pertama dalam sejarah NBA dengan catatan tersebut. Ini juga jadi catatan ke-15 Dame mencetak 50+ poin, terbanyak keenam dalam sejarah NBA. 

"Saya rasa setiap kali Anda mencetak 60 poin akan menjadi sesuatu yang spesial, tapi untuk yang satu ini saya merasa sangat simpel," buka Dame usai gim kepada awak media. "Saya pikir saya bermain sebagaimana seharusnya saya memang bermain. Saya tahu tim kami butuh menang jadi saya berusaha agresif dan terus menyerang. Tapi, saya rasa ini bukan gim di mana saya panas (on fire), ini bukan gim seperti itu," imbuhnya. 

Catatan ini cukup dekat dengan rekor poin tertinggi Dame dalam satu gim sepanjang kariernya yakni 61 poin. Dame sudah dua kali menyentuh angka 61 tersebut, tapi belum sanggup melewatinya. 

"Sewaktu saya mengambil dua tembakan gratis tadi (poin ke 59 & 60), pelatih (Chauncey Billups) bilang bahwa saya cukup dekat dengan catatan poin tertinggi saya. Tapi, saya tidak mau terlalu mengejar itu dan justru memudahkan lawan untuk menambah angka mereka," tutup Dame. 

Di samping sejarah-sejarah 50+ poinnya, catatan 9 tripoin Dame juga membuatnya naik di rangking sejarah lainnya. Ya, jumlah tersebut membuat Dame menyalip Vince Carter sebagai peringkat enam tripoin masuk terbanyak dalam sejarah NBA. 

Foto: NBA

 

Komentar