IBL

Golden State Warriors keluar sebagai juara NBA 2021-2022. Karena itu, sebagai tradisinya, pada pertandingan pembuka musim 2022-2023, para pemain mendapatkan cincin juara. Cincin kali ini lebih besar dari sebelumnya. Banyak terdapat simbol-simbol bersejarah, serta kompartemen rahasia dalam cincin tersebut. 

"Satu hal yang menarik perhatian saya. Kami tidak mendapatkan cincin, tapi medali. Itu bukan cincin, tapi medali yang diletakkan di jari mereka," canda Steve Kerr, pelatih Warriors, saat melihat cincin tersebut untuk pertama kalinya. 

Namun bila diperhatikan lebih dekat, setiap cincin yang berkilau dari masing-masing pemain, punya cerita tersendiri. Cincin tersebut dirancang oleh Jason Arasheben dan Beverly Hills. Ini adalah cincin kejuaraan olahraga pertama di Amerika Serikat yang memakai berlian kuning. 

"Kami memilih kuning-emas, karena kami menganggap ini adalah era keemasan. Ini adalah dinasti unik dengan empat pemain yang mereka miliki. Era emas didefinisikan sebagai era yang penuh dengan pencapaian kebahagiaan," kata Jason kepada NBC Bay Arena

Cincin juara Warriors kali ini menyertakan sejumlah detail unik untuk memperingati gelar keempatnya dalam delapan musim, dan ketujuh secara keseluruhan. 16 karat berlian kuning dan putih mewakili 16 kemenangan playoff Warriors atas Denver Nuggets, Memphis Grizzlies, Dallas Mavericks dan Boston Celtics. 

Di sisi cincin dapat diputar untuk mengungkapkan kompartemen yang menunjukkan Piala Larry O'Brien yang telah dimenangkan setiap pemain.

 Untuk Klay Thompson, Stephen Curry, Draymond Green dan Andre Iguodala, terdapat empat piala. Kevon Looney memiliki tiga piala. Untuk pemain muda seperti Jonathan Kuminga dan Moses Moody, memiliki satu piala. 

"Perjalanan itu penting," kata asisten manajer umum Warriors Kirk Lacob kepada ESPN . "Itulah kisah yang ingin Anda ceritakan dengan cincin apa pun. Cincin itu sendiri keren, mencolok. Tapi sebenarnya, adalah manifestasi fisik dari perjalanan itu. Tim memenangkan kejuaraan ini bersama-sama, tetapi kami memiliki empat pemain yang sangat istimewa."

Ada pula detail-detail menarik lainnya. Menurut Jason dari Beverly Hills, 43 baguette di jembatan mewakili 43 poin Curry di Gim 4 Final NBA, sebuah pertunjukan masterclass yang menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Dan, sejak saat itu Warriors tidak pernah kalah lagi. Selain itu, 0,91 karat berlian putih di bezel bagian dalam mewakili persentase kemenangan kandang Warriors dengan persentase 91 persen di babak playoff 2022. Warriors mencetak rekor 11-1 di Chase Center. Mereka hanya kalah satu kali Final NBA. 

Di sisi cincin menampilkan "Just Us," sebuah motto Warriors, di atas interior Chase Center, arena kandang tim di San Francisco. Logo NBA 75 juga ditambahkan untuk memperingati gelar yang akan datang di musim ke-75 liga.

Warriors telah memenangkan tujuh gelar juara NBA. Dua kali saat mereka masih bermarkas di Philadelphia, kemudian lima gelar juara didapatkan sejak mereka pindah ke Bay Area (1947, 1956, 1975, 2015, 2017, 2018, 2022). Kini Warriors menjadi tim ketiga setelah Los Angeles Lakers dan Boston Celtics yang paling banyak meraih gelar juara liga. Lakers dan Celtics mengumpulkan 17 gelar juara. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar