IBL

Pemain Houston Rockets, DeMarcus Cousins akan menerima cintin juara NBA 2020 dari Los Angeles Lakers. Ini merupakan bentuk penghormatan Lakers kepada Cousins, meski dirinya tidak pernah tampil di pertandingan resmi. Cousins cedera setelah Lakers mengambilnya dari Golden State Warriors di tahun 2019 lalu.

Pemain yang akrab disapa Boogie tersebut berstatus sebagai pemain Lakers sejak 6 Juli 2019 hingga dilepaskan tanggal 23 Februari 2020. Boogie cedera ACL robek saat melakukan pick-up games di jeda kompetisi, bulan Agustus 2019. Inilah yang membuatnya parkir sepanjang musim 2019-2020.

(Sumber foto: Silver Screen and Roll)

Meski tidak bermain, Boogie termasuk pemain yang peduli dengan timnya. Dia selalu berada di bangku cadangan saat pertandingan. Kemudian memotivasi para pemain ketika jeda turun minum. Semuanya dia lakukan agar punya peran, meski tidak bertanding. Dengan semua yang sudah dilakukannya, manajemen Lakers memutuskan untuk memberinya cincin juara. Boogie menerima kabar tersebut dalam sesi wawancara usai latihan hari Minggu siang, 7 Februari, waktu Amerika Serikat.

"Itu keren. Itu keren," katanya.

"Ini menunjukkan bahwa kehadiran saya dihargai, meski hanya di ruang ganti. Tentu saja, saya tidak punya kesempatan menginjakkan kaki di lapangan. Tapi saya mencoba memainkan peran saya, meski terbatas. Saya bersyukur, dan ini akan jadi momen yang spesial."

Pemberian cincin tersebut akan dilakukan saat Houston Rockets bertandang ke Staples Center, markas Lakers. Tapi itu barus bisa terjadi di putaran kedua. Sebab, untuk putaran pertama Rockets dan Lakers sudah bertemu dua kali. Dari dua pertemuan tersebut, Lakers unggul (2-0).

Cincin juara NBA memang jadi simbol bahwa seorang pemain tersebut sudah pernah mencapai level tertinggi dalam karier profesionalnya. Sebab, butuh lebih dari sekadar bakat yang hebat sebagai pemain. Seorang juara harus berada di tim yang tepat.

Pada musim 2018-2019 lalu, Cousins punya kesempatan menjadi juara. Dia sampai ke Final NBA bersama Golden State Warriors. Namun Warriors kalah di laga keenam dari Toronto Raptors. Cousins juga tampil tak sempurna kala itu. Dia absen 52 pertandingan karena cedera paha. Meski dia kembali dan bermain di playoff, tapi Warriors saat itu melemah setelah Klay Thompson dan Kevin Durant cedera.

Musim 2020-2021, Cousins memulai petualangan baru bersama Houston Rockets. Dia mencetak rata-rata 8,8 poin, 7,3 rebound, dan 2,5 assist per pertandingan. Sejauh ini, kepala pelatih Rockets, Stephen Silas selalu menempatkannya di lini kedua. Tapi kali ini, Cousins punya kesempatan untuk bersinar. Christian Wood yang jadi andalan Rockets di bawah ring menderita cedera. Pelatih Silas berharap Cousins bisa diandalkan selama Wood menyembuhkan cederanya. (tor)

Foto: Houston Chronicle

Komentar