IBL

Pada 25 Juli 2022, SCP Auctions memulai lelang dua cincin juara NBA milik mantan pemain Los Angeles Lakers, Slava Medvedenko. Setelah dua minggu, lelang tersebut ditutup. Dua cincin Medvedenko laku seharga AS$253.534 atau setara dengan 3,8 miliar rupiah. Semuanya akan disumbangkan ke Ukraina untuk memulihkan infrastruktur olahraga dan sekolah setelah perang. 

Medvedenko memutuskan untuk menjual cincin itu setelah pergi ke atap salah satu gedung tertinggi di Kyiv dan menyaksikan roket yang diluncurkan oleh pasukan Rusia melesat dan menghancurkan bangunan. "Saat momen ini terjadi, saya memutuskan bahwa cincin juara tidak seharusnya ada di brankas," kata Medvedenko. "Saya sadar bisa mati kapan saja, jadi saya hanya berpikir untuk membantu orang Ukraina, untuk membantu anak-anak."

Foto: nba.com

Lelang dua cincin tersebut ditutup pada 5 Agustus 2022. Menurut SCP Auctions yang berbasis di Laguna Niguel, California, dua cincin milik Medvedenko tersebut diperkirakan laku setidaknya AS$100 ribu atau 1,4 miliar rupiah. Namun harga tersebut masih perkiraan. Karena tujuan Medvedenko ini sangat mulia, biasanya ada orang yang berani memberikan penawaran yang tinggi. 

Ternyata memang benar. Penjualan cincin yang diberi judul "Lakers Rings for Relief" tersebut mampu mengumpulkan uang sebanyak AS$253.534 atau setara dengan 3,8 miliar rupiah. Cincin juara Lakers tahun 2001 dan 2002 milik Medvedenko masing-masing terjual seharga AS$126.767. Semua uang hasil penjualan cincin ini akan diserahkan kepada yayasan Fly Medvedenko untuk digunakan membangun infrastruktur olahraga sekolah.

"Kami ingin memulihkan gedung-gedung olahraga. Karena tentara Rusia sudah menghancurkan lebih dari seratus sekolah berikut fasilitasnya," imbuh Medvedenko, dikutip dari ESPN. "Negara kami membutuhkan banyak uang untuk memperbaiki sekolah. Di Ukraina, kami memiliki musim dingin dan anak-anak perlu bermain di dalam. Gedung olahraga sangat penting bagi kami."

Foto: nba.com

Medvedenko, yang sekarang berusia 43 tahun, bertugas menjadi pasukan pertahanan teritorial Ukraina di Kyiv selama invasi Rusia tahun ini. Dia dulu adalah bagian tim juara Lakers pada 2001 dan 2002. Dia bermain bersama dua legenda Lakers, yaitu Kobe Bryant dan Shaquille O'Neal. 

Medvedenko bergabung dengan Lakers pada musim 2000-2001. Dia memiliki musim terbaiknya di 2003-2004 ketika dia memainkan 38 pertandingan untuk menggantikan Hall of Famer Karl Malone yang cedera. Medvedenko kala itu mencetak rata-rata 8,3 poin dan 5,0 rebound. Tentang bantuan ini, Medvedenko mengatakan dia sudah mengirim pesan untuk mantan pemain Lakers lainnya. Dia meminta bantuan peralatan olahraga untuk digunakan di Ukraina.

"Keluarga besar Lakers selalu membantu saya," katanya. "Lakers selalu ada di hati saya." (*)

Foto: nba.com