IBL

Bertahun-tahun setelah legenda NBA Kobe Bryant meninggal, salah satu cincinnya dijual di lelang. Duplikat identik cincin juara NBA tahun 2000 milik Kobe yang dia hadiahkan kepada ayahnya sedang dilelang, sebagai bagian dari March Elite Sports Auction Goldin Auctions. Lelang berakhir pada 31 Maret 2024.

Mendiang Kobe Bryant yang hebat memenangkan lima cincin dalam karier legendarisnya, tetapi cincin yang akan dilelang bulan ini mungkin adalah kwintet yang paling sentimental. Gelar NBA pertama Bryant datang pada musim 1999-2000 ketika Los Angeles Lakers mengalahkan Indiana Pacers di Final. Cincin kejuaraan itu begitu istimewa bagi Kobe sehingga ia membuat salinan persisnya dan menghadiahkannya kepada ayahnya, Joe Bryant.

Dibuat dari emas 14 karat, cincin ukuran 11 ½ tersebut memiliki berat 59,6 gram dan bertatahkan 40 berlian yang mengesankan. Kata "Lakers" berada di tengah-tengah dengan enamel ungu, sementara "World" dan "Champions" terdapat di bagian atas dan bawah desain. Nama Bryant terpampang di satu sisi dengan spanduk yang menunjukkan rekor musim reguler Laker 67-15 dan rekor menang-kalah pascamusim mereka 15-8. Sisi lainnya menampilkan kata-kata "Bling Bling" dan bola-bola berlian.

Foto: Goldin Auctions

Bryant membantu Lakers memenangkan gelar NBA tahun 2000 dalam enam seri pertandingan atas Indiana Pacers, meski mengalami cedera pergelangan kaki selama Gim 2 dan 3. Dalam Gim 4, ia bermain 47 dari 53 menit dan mencetak 28 poin untuk timnya. Lakers yang menang kemudian dianugerahi cincin kejuaraan yang didambakan Bryant.

Cincin yang akan dilelang bukanlah versi eksekutif yang diterima para pemain tetapi "cincin yang sama persis," menurut Goldin. Mendiang Kobe Bryant dilaporkan memesan salinan tambahan cincin itu sebagai hadiah spesial untuk ayahnya, Joe "Jellybean" Bryant. Ayahnya juga sempat bermain di NBA selama delapan musim dan mencetak rata-rata 8,7 poin per gim dari tahun 1975 hingga 1983. 

Goldin Auction mengatakan ini adalah satu-satunya cincin kejuaraan yang pernah dihadiahkan Kobe Bryant kepada ayahnya. Didapat langsung dari pihak keluarga dan dilengkapi dengan Letter of Authenticity (LOA) dari Pam Bryant. Lot tersebut tidak memiliki perkiraan pra-pelelangan, tetapi kemungkinan besar harganya akan cukup mahal. Penawaran saat ini 94 ribu dolar Amerika, dan diperkirakan akan terus bertambah.

Menurut Business Insider, ibu Kobe, Pamela Bryant, dihadiahkan cincin serupa oleh putranya yang terjual seharga 206 ribu dolar Amerika pada tahun 2020 melalui Goldin Auctions. Tentu saja Kobe Bryant bukan satu-satunya bintang NBA yang memiliki memorabilia di Elite Sports Auction. 

Benda lainnya termasuk cincin kejuaraan Cleveland Cavaliers NBA 2016 milik LeBron, jersei Golden State Warriors yang dikenakan Kevin Durant dari tahun 2017, dan sepatu Under Armour yang ditandatangani dua kali oleh Steph Curry. Selain itu, kartu bola basket langka yang ditandatangani oleh Michael Jordan akan diperebutkan. Lelang online berakhir pada tanggal 31 Maret 2024. (*)

Foto: The Morning Call

Komentar