IBL

Barang-barang milik Kobe Bryant terjual dengan harga fantastis. Jersei nomor 8 yang Kobe kenakan selama musim 1996-1997 dan dua gim babak playoff terjual di sebuah lelang dengan harga AS$2,7 juta atau setara dengan Rp39 miliar.

Jersei itu digunakan Kobe saat musim pertamanya bersama Los Angeles Lakers. Dilansir melalui laman resmi NBA, SCP Auctions mengatakan pada Minggu, 5 Juni waktu setempat, pembeli ingin tetap anonym seperti halnya penjual yang telah memiliki jersey itu selama 25 tahun.

Kobe pernah menggunakan jersei itu saat menang melawan Utah Jazz pada musim reguler 13 April 1997 dan kemenangan melawan Sacramento Kings pada 17 April 1997.

Jersei itu sudah diverifikasi oleh tim autentifikasi independen dan dicocokkan dengan foto untuk memastikan bahwa itu sama dengan yang dikenakan Kobe pada musim 1996-1997 lalu.

David Kohler dari SCP Auctions memperkirakan jersei itu akan terjual antara AS$3 juta dan AS$5 juta. Itu memang bukan jersei termahal yang pernah dijual.

Sebelumnya ada jersei ruki Kobe lainnya yang telah terjual AS$3,6 juta (senilai Rp52 miliar) pada tahun lalu. Jersei berwarna kuning itu telah dibubuhi tanda tangan dan menjadi jersei dengan harga tertinggi yang pernah ada untuk sebuat jersei basket.

Kobe telah meninggal pada 26 Januari 2020 bersama putrinya yang berusia 13 tahun, Gianna, karena kecelakaan helikopter di California. Untuk mengenang Kobe, Lakers telah memensiunkan nomor punggung 8 dan 24.

Kobe telah berkarir sebagai pemain profesional pada 1996-2016. Selama dua dekade tersebut, Kobe hanya membela Lakers. Mereka meraih lima kali cincin juara dan Kobe menjadi pemain terbaik pada 2008. (rag)

Foto: NBA

Komentar