IBL

Jordan Poole dan Andrew Wiggins menyepakati perpanjangan kontrak dengan Golden State Warriors. Keduanya memiliki peran penting dalam perebutan gelar Warriors musim lalu. Kabar ini sekaligus menjadi angin segar Warriors sebelum memulai musim melawan Los Angeles Lakers pada Selasa (18/10) mendatang.

Perpanjangan kontrak Poole ini juga menuntaskan kontroversinya terkait pemukulan Draymond Green pada 5 Oktober lalu. Poole memiliki kontrak selama empat tahun dengan nilai AS$140 juta atau senilai Rp2,16 triliun.

Poole sedang menuju tahun terakhirnya dari kesepakatan ruki. Ia juga telah memenuhi syarat untuk melakukan perpanjangan pertama pada musim ini. Perpanjangan itu dilakukan menjelang batas waktu besok.

Selama dua musim terakhir performa Poole memang meningkat. Pilihan ke-28 NBA Draft 2019 itu memberikan kontribusi terbaik saat Warriors meraih gelar keempatnya dalam delapan musim terakhir.

Musim lalu pemain berusia 23 tahun itu tampil dalam 51 gim. Ia memiliki rata-rata tertinggi dalam kariernya dengan 18,5 poin, 4,0 asis, dan 3,4 rebound per gim. Performa terbaik Poole terjadi di babak playoff dengan rata-rata 17 poin dan 3,8 asis dalam 22 gim.

“Ada alasan mengapa ia berada di posisi ini, akan menandatangani perpanjangan besar, semoga. Dia (Poole) tangguh secara mental, fisik, dan sangat percaya diri dalam permainannya,” ujar pelatih Warriors Steve Kerr kepada The Athletic.

Sementara itu Wiggins juga memperoleh perpanjangan kontrak selama empat tahun. Nilai kontrak tersebut sebesar AS$109 atau setara dengan Rp1,68 triliun. Kesepakatan itu juga mencangkup opsi tahun terakhir yang mengikat Wiggins selama lima tahun dengan nilai AS$143 juta.

Perpanjangan kontrak itu datang di hari yang sama dengan Poole.Wiggins memiliki sisa satu tahun dengan AS33,6 juta dari kesepakatan awalnya pada 2017 lalu.

Wiggins datang ke Warriors melalui skema pertukaran dengan Minnesota Timberwolves pada 2020 lalu. Ia sukses menjawab kritik sebagai pilihan pertama NBA Draft 2014. Musim lalu ia untuk pertama kalinya masuk dalam NBA All-Star.

Saat membawa Warriors juara musim lalu, Rookie of the Year 2015 itu rata-rata mencetak 17,2 poin, 3,3 rebound, dan meraih persentase 39,3 persen tripoin, menjadi persentase terbaik sepanjang kariernya. (rag)

Foto: NBA

Komentar