IBL

Pramusim jelas bukan ukuran kualitas permainan tim. Karena beberapa pemain kunci belum dimainkan maksimal. Namun kalau sampai kalah tiga kali, apalagi tim sekelas Los Angeles Lakers, tentu jadi bahan pertanyaan. Sementara kabarnya dua pemain cedera, yaitu Juan Toscano-Anderson dan Anthony Davis. 

Setelah kalah dari Sacramento Kings dan Phoenix Suns, kali ini Lakers menyerah dari Minnesota Timberwolves dengan skor 99-114, di Las Vegas, Kamis, 6 Oktober 2022, waktu Amerika Serikat. Poin terbanyak Lakers dicetak oleh Thomas Bryant dengan torehan 18 poin. Sebaliknya, duet Anthony Edwards dan D'Angelo Russell menghasilkan 26 poin untuk Wolves. 

Setelah pertandingan, kepala pelatih Lakers tidak mau berkomentar soal kekalahan. Dia kembali melihat sisi positif yang ditampilkan anak asuhnya, seperti penampilan Lonnie Walker yang bisa membuat pertahanan Lakers lebih kuat. Pelatih Ham juga tidak ingin melalukan sesuatu yang merugikan lagi. Sebab itu, dia mengistirahatkan LeBron James, Anthony Davis, Russell Westbrook, Patrick Beverley, dan Kendrick Nunn. 

Pelatih Ham mendapatkan kritik ketika dirinya menurunkan Anthony Davis di pertandingan pertama pramusim melawan Kings. Davis memang mencetak 11 poin dan 11 rebound dalam 15 menit. Namun setelah itu, Davis dikabarkan mengalami cedera punggung bawah. Menurut Mike Trudell dari Lakers.com, pelatih Ham sengaja mengistirahatkan Davis untuk mencegah agar cederanya tidak semakin parah. 

"Dia (Anthony Davis) mengalami sedikit cedera punggung di bagian bawah. Kami membutuhkan dia saat musim reguler. Maka dari itu, kami melakukan tindakan pencegahan," kata Darvin Ham. 

Davis mendapat kritik dari beberapa pengamat karena kondisi fisiknya. Karena dalam 154 pertandingan musim reguler yang dijalani Lakers (dua musim terakhir), Davis hanya bermain 76 kali. Cedera membuat performanya menurun drastis. Oleh sebab itu, pelatih Ham tidak ingin Davis kembali bermasalah dengan cedera. Sebagai pelatih, Ham harus kuat dengan kritik dari penggemar, tentang performa Lakers yang lesu di pramusim ini. 

Sementara itu, Dave McMenamin dari ESPN mengabarkan kalau Juan Toscano-Anderson juga mengalami cedera paha kanan. Terlihat paha kanannya memar saat pertandingan Lakers melawan Timberwolves memasuki kuarter ketiga. Anderson harus mendapatkan perawatan intensif dan tidak kembali ke lapangan sampai pertandingan berakhir. 

Lakers masih menyisakan tiga pertandingan pramusim. Paling dekat, mereka akan berkunjung ke Chase Center, markas Golden State Warriors, pada hari Minggu, 9 Oktober 2022, waktu setempat. Laga ini seperti simulai pembukaan musim baru. Karena kedua tim juga akan bertemu di hari pertama NBA musim 2022-2023, pada tanggal 18 Oktober 2022. (*)

Foto: Sportskeeda

Komentar