IBL

Dua kemenangan dalam dua hari terakhir bagai oase di padang gurun bagi tim Los Angeles Lakers. Mereka sedang berusaha mengembalikan tim ke jalur yang seharusnya mereka lalui. Namun justru dalam meraih kemenangan atas San Antonio Spurs, Minggu, 27 November 2022, Lakers harus prihatin. Sebab Anthony Davis dikabarkan menderita cedera betis, dan belum diketahui sampai kapan akan absen. 

Davis telah memainkan 16 dari total 17 pertandingan Lakers musim ini. Dia memerankan peran penting saat LeBron James mengalami cedera paha. Dalam lima pertandingan saat LeBron absen, Davis mencetak rata-rata 33,4 poin, 17,6 rebound, dan 2,6 blok per pertandingan. Pada hari Minggu, 27 November 2022, Lakers mengumumkan bahwa Davis menderita cedera betis kiri. 

"Davis harus menahan benturan dengan beberapa pemain di babak kedua, pada pertandingan melawan Spurs, hari Sabtu (26 November 2022). Untuk beberapa titik dari tubuhnya mengalami memar, terutama di bagian betis," kata kepala pelatih Lakers, Darvin Ham, dikutip dari laporan Ben Somerford (Summerastro.com).

Dalam 16 pertandingan yang dimainkan, Davis mencetak rata-rata 26,3 poin dan 12,8 rebound. Tapi bukan catatan tersebut yang dipuji oleh pelatih Ham. Justru ketika Davis mengambil tanggung jawab besar sebagai penopang tim saat LeBron James absen. Sehingga saat Davis cedera, maka pelatih Ham harus berhati-hati. Karena Davis punya pengalaman yang buruk dengan cedera. 

"Kami tidak ingin memaksanya di awal musim. Dan, ketika berbicara dengan cedera otot, maka harus berhati-hati. Bisa saja cedera otot ringan, malah jadi masalah selama semusim. Jadi kami tidak ingin memberikan tekanan padanya. Kami hanya ingin mencoba untuk tetap di jalur kemenangan, tapi juga berhati-hati dengan pemain kami," jelasnya. 

Mengutip dari dari Fox Sports, tentang laporan cedera Davis, bahwa selama musim Davis belum memiliki cedera berat. Namun sejak bulan Oktober 2022, Davis sudah tujuh kali mengalami masalah dengan punggungnya. Laporan tersebut sangat rinci, bahkan dari tujuh kali laporan cedera punggung, enam kali terjadi di bulan November. Sementara musim lalu, Davis hanya bisa bermain 36 kali dari total 72 pertandingan karena cedera. 

"Tim medis telah membuat keputusan yang benar dengan tidak memaksakan Davis bermain kalau tidak benar-benar dalam kondisi terbaiknya. Saya sangat setuju dengan hal tersebut," tegas pelatih Ham. 

Lakers sedang dalam tren yang positif sekarang. Meski tanpa Patrick Beverley dan Davis. Lakers ada di posisi ke-13 klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor 7-11. (*)

Foto: Silves Screen and Roll

Komentar