IBL

Playoff NBA 2023 sudah dimulai sejak kemarin, Sabtu (16/4) waktu Indonesia. Setidaknya sekarang ke-16 tim sudah menjalani pertandingan pertama. Tapi di awal playoff sudah ada beberapa pemain yang cedera. Bahkan cukup serius, dan kemungkinan tidak bisa melanjutkan seri ini. 

Foto: Youtube

Cedera yang cukup mengkhawatirkan terjadi pada pertandingan Milwaukee Bucks melawan Miami Heat. Di laga ini, Heat berhasil mengamankan kemenangan pertama. Namun haru dibayar mahal dengan cedera patah tangan kanan yang dialami oleh Tyler Herro. Saat turun minum, kepala pelatih Erik Spoelstra mengatakan kalau Herro tidak akan tampil di Gim 2 melawan Bucks. 

"Saya mendapatkan diagnosis yang sama dengan apa yang Anda semua dengar," ungkapnya, setelah melihat Herro muncul dari ruang ganti dengan tangan berbalut gips. 

Foto: Yahoo!Sports

Pada pertandingan itu juga, Giannis Antetokounmpo mengalami insiden yang menyakitkan. Giannis yang dilanggar oleh Kevin Love, mengalami pendaratan keras di punggungnya. Itu terjadi di sisa empat menit kuarter pertama. Namun Giannis masih bisa bermain dan menyelesaikan pertandingan ini. Meski harus mendapatkan pemeriksaan sebelum tampil di Gim 2. 

"Kami akan memantaunya dan melihat bagaimana dia melakukannya, melihat bagaimana dia bangun, bagaimana perasaannya," kata kepala pelatih Bucks Mike Budenholzer tentang kondisi Antetokounmpo.

Foto: Lakers Daily

Pemain lain yang cedera adalah Ja Morant. Saat waktu tersisa lima menit, Grizzlies tertinggal 101-105 dari Lakers. Morant tampak berusaha untuk melewati Anthony Davis, namun tangannya membengkok ke arah yang salah saat menghantam lantai. Morant menjerit kesakitan lalu menuju bangku cadangan untuk mendapatkan pertolongan. Kepala pelatih Taylor Jenkins mengatakan bahwa hasil pemeriksaan sinar-X tidak ditemukan tanda-tanda cedera yang berbahaya. 

"Saya bukan ahli medis," kata Jenkins, saat ditanya kondisi detail tentang pemainnya. 

Morant dalam wawancara usai pertandingan mengatakan dia ragu untuk bisa bermain di Gim 2, menyusul kekalahan 112-128, atas Lakers. Tapi Morant akan berusaha agar segera sembuh dan bangkit kembali. "Pria tangguh, terutama dengan semua yang saya lalui cukup banyak musim ini," kata Morant. "Insiden lain di mana itu cukup berbahaya. Saya merasa seperti saya bisa pergi ke sana dan saya akan bermain."

Foto: New York Post

Terakhir ada kabar dari Anthony Davis. Dia menakuti penggemar Los Angeles Lakers dengan memegang bahu kanannya, dan mengatakan dia tidak bisa menggerakkan lengannya. Beruntung bagi Lakers, Davis bangkit dari pukulan telak di awal kuarter ketiga. Kepala pelatih Lakers Darvin Ham mungkin menjadi pelatih paling bahagia setelah mengirim Davis ke ruang ganti di akhir kuarter kedua untuk memastikan tim medis segera mulai mengerjakan tugasnya. 

"Senang dia baik-baik saja," kata pelatih Ham.

Cedera pada beberapa bintang top NBA telah meredupkan awal playoff ini dengan harapan gelar mungkin memudar dengan cepat. Bergantung seberapa parah cedera mereka. Tampaknya playoff bakal semakin menarik. (*)

Foto: Sporting News