IBL

Los Angeles Lakers ibarat sudah melepaskan beban mereka, setelah mengeliminasi Memphis Grizzlies dari Playoff NBA 2023 putaran pertama. Tapi tantangan yang sebenarnya baru dimulai, karena mereka akan berhadapan dengan Golden State Warriors di putaran kedua. Fokus kepala pelatih Darvin Ham adalah pertahanan. Dia ingin meniru kesuksesan Frank Vogel di tahun 2020. 

"Ini baru saja dimulai," kata pelatih Ham, dikutip dari Fadeaway World. "Kami baru melewati level satu. Sekarang kami harus mengalihkan fokus pada putaran selanjutnya, yang sudah jelas semakin berat."

Lakers musim ini memang fokus memperbaiki pertahanan. Sesuatu yang sangat penting dalam memenangkan setiap pertandingan di NBA. Pelatih Ham tampaknya ingin mengulang sukses tim di tahun 2020, ketika Lakers masih dipegang oleh Frank Vogel. Menurutnya, Vogel punya strategi pertahanan yang bagus, sehingga cocok dengan tim Lakers. Pada akhirnya, Lakers bisa menjadi juara kala itu. 

Performa Lakers musim ini seperti roller-coaster. Mereka keluar dari daftar favorit juara ketika badai cedera melanda. Termasuk ketika LeBron James mengalami cedera berkepanjangan. Tapi setelah jeda musim, Lakers mulai menemukan cara untuk lebih kompetitif. Kehadiran pemain-pemain muda mendukung performa pemain senior seperti LeBron dan Anthony Davis. Namun beban yang harus dipikul Lakers lebih berat di putaran kedua. 

Pelatih Ham menyinggung hal terpenting bagi Lakers untuk bergerak maju di ruang ganti. Dia menjelaskan bahwa pertahanan mereka akan menjadi sangat penting jika ingin memenangkan lebih banyak pertandingan. Apalagi melawan Warriors. 

"Saya memberi tahu mereka (pemain Lakers) setelah pertandingan, bahwa kami menetapkan standar untuk diri kami sendiri secara defensif, tentang bagaimana kami harus bermain dan apa yang harus kami lakukan di sisi pertahanan," katanya. "Kami akan mencari cara untuk mencetak poin. Tapi hal yang harus kami pegang teguh adalah memperkuat pertahanan lebih dulu.''

Warriors bukan lawan mudah untuk ditaklukkan. Mereka siap untuk mempertahankan tahta yang didapat tahun 2022. Mereka akan membawa api semangat setelah menumbangkan Sacramento Kings, ke putaran kedua melawan Lakers. Seperti yang dikatakan Ham, ini baru saja dimulai, dan Lakers harus berjuang sekuat tenaga untuk bisa mengalahkan Warriors. 

Gim 1 Semifinal Wilayah Barat antara Warriors melawan Lakers akan dilaksanakan pada hari Rabu (3/5) waktu Indonesia. Lakers harus bermain di Chase Center, yang merupakan kandang Warriors. Jelas ini bakal jadi pertandingan yang berat, apalagi catatan kandang Warriors sangat bagus yaitu 33-8 di musim reguler 2022-2023. (*)

Foto: Slam Online

Komentar