IBL

Los Angeles Lakers menang 117-112 atas Golden State Warriors di Gim 1 Semifinal Wilayah Barat, Selasa (2/5), waktu setempat. Bermain di San Francisco, kandang Warriors, Lakers langsung datang dengan penyesuaian tepat. 

Sepanjang gim, Stephen Curry terus ditempel bergantian oleh pemain Lakers, utamanya Jarred Vanderbilt. Selain itu, Lakers juga fokus kepada pergerakan Klay Thompson. Meski tak sepenuhnya bisa mematikan keduanya, namun jelas tidak ada tembakan mudah untuk Splash Brother. Bisa dibilang, Lakers memberikan keleluasaan untuk pemain-pemain Warriors lain untuk tripoin selama bukan Curry dan Klay. 

Lakers unggul 14 poin di pertengahan kuarter empat yang lantas menguap begitu saja dengan laju (14-0) Warriors jelang dua menit terakhir gim. Beruntungnya, Lakers bisa kembali mengambil momentum melalui pertahanan apik Anthony Davis dan poin dari D'Angelo Russell. 

Secara tim, perbedaan terbesar kedua tim adalah tembakan gratis. Lakers secara keseluruhan mendapatkan 29 tembakan gratis dan memasukkan 25 di antaranya sedangkan Warriors hanya dapat enam tembakan gratis sepanjang laga, meleset satu. 

Davis bermain bak monster dengan dobel-dobel 30 poin, 23 rebound, 5 asis, dan 4 blok dari 11/19 tembakan (58 persen). Ia jadi pemain kedua setelah Tim Duncan yang punya catatan demikian di Playoff. 

LeBron James menyusul juga dengan dobel-dobel 22 poin, 11 rebound, 4 asis, dan 3 blok. LeBron menasbihkan dirinya sebagai pemain tertua dengan catatan demikian. Selain itu, duetnya dengan Davis jadi duet pertama yang membukukan setidaknya 20 poin, 10 rebound, dan 3 blok di satu gim Playoff. 

Russell dan Dennis Schroder masing-masing mencetak 19 poin. Keduanya bergantian mengisi posisi garda utama sepanjang laga. Austin Reaves menutup daftar melalui torehan 10 poin. Lakers turun dengan delapan rotasi pemain. 

Dari Warriors, Curry memimpin tim dengan 27 poin dan 6 rebound, sementara Klay 25 poin. Keduanya bermain 37 menit. Jordan Poole yang hari ini memulai gim dari bangku cadangan menyusul dengan 21 poin. Ketiganya adalah trio pertama yang masing-masing memasukkan enam tripoin di Playoff. 

Meski masing-masing memasukkan enam tripoin, akurasi mereka tak terbilang istimewa untuk standar masing-masing. Curry 6/13 (43 persen), Klay 6/16 (37 persen), sedangkan Poole paling bagus melalui 6/11 (45 persen). Warriors secara tim total melepaskan 53 tripoin dan masuk 21 (39 persen). 

Kevon Looney sejatinya tetap solid dengan dobel-dobel 10 poin, 23 rebound, dan 5 asis, namun belum cukup menghentikan Lakers. Andrew Wiggins menambahkan 15 poin plus 6 rebound untuk menutup daftar pencetak angka digit ganda. 

Gim 2 akan dimainkan lusa. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar