IBL

FIBA Women’s World Cup 2022 telah berlangsung pada 22 September-1 Oktober lalu di Sydney, Australia. Amerika Serikat menjadi juara empat kali secara beruntun. Meski terbilang sukses, jadwal FIBA Women’s World Cup 2022 tak lepas dari kritikan.

Para pemain khawatir dengan jadwal yang terlalu pada dalam event tersebut. Untuk pertama kalinya FIBA Women’s World Cup ini diikuti 12 tim dari yang sebelumnya 16 tim. Pertandingan penyisihan grup berlangsung selama enam hari beruntun.

FIBA Women’s World Cup 2022 ini memang diselenggarakan di dua venue, yaitu Sydney Superdome dan Sydney Sports Centre. Setelah babak penyisihan grup berakhir, hanya ada jeda satu hari. Kemudian dilanjutkan dengan pertandingan perempat final, semifinal, dan final secara beruntun.

Sekjen FIBA Andreas Zagklis buka suara mengenai event tersebut. Ia telah berbicara dengan banyak pemain tentang turnamen yang baru saja digelar itu. Zagklis menawarkan solusi cepat untuk masalah lainnya. Tetapi mengubah tanggal akan membutuhkan lebih banyak pekerjaan.

FIBA Women’s World Cup berikutnya akan digelar pada 2026 mendatang. Pada edisi tersebut ada 16 tim yang bertanding. Dengan begitu para pemain memiliki waktu istirahat sebelum memasuki putaran final.

“Kami tidak akan bermain tiga hari berturut-turut. Ini tidak akan terjadi lagi. Ini bukan sesuatu yang ingin kami ulangi. Ini terlalu berat bagi pemain,” kata Zagklis dilansir melalui ESPN.

Secara keseluruhan, Amerika Serikat dan Cina, yang mencapai final, menainkan delapan pertandingan dalam 10 hari. Pada FIBA Women’s World Cup 2018 di Spanyol lalu, ada jeda antara pertandingan perempat final dan babak perebutan medali.

Langkah tersebut disambut baik oleh para pemain. Tetapi masih ada masalah waktu. WNBA dan FIBA mencoba bekerja sama dengan FIBA untuk mempersingkat musimnya. Namun, playoff liga berlanjut hingga dimulainya World Cup.Seperti pada pemain dari Las Vegas Aces dan Connecticut Sun yang langsung ke Australia setelah babak final WNBA 2022.

“Istirahat akan menjadi hal yang baik. Akan sangat membantu jika memiliki waktu jeda diantara pertandingan,” kata pemain AS dan MVP FIBA Women’s World Cup 2022, A’ja Wilson. (rag)

Foto: FIBA

Komentar