IBL

FIBA Women’s World Cup 2022 akan berlangsung pada Kamis (22/9) mendatang di Sydney, Australia. Timnas putri Amerika Serikat (AS) sebagai juara bertahan tiga kali beruntun telah merilis roster pada Senin (19/9) waktu setempat.

Dari 12 pemain yang terpilih itu, untuk pertama kalinya sejak dua dekade lebih tidak ada nama Sue Bird dan Diana Taurasi di dua turnamen utama FIBA. Pemain legendaris AS itu telah membantu Timnas AS memenangkan lima dari tujuh emas Olimpiade beruntun dan sembilan gelar World Cup.

Pada Juli lalu Sue Bird memang telah memutuskan pensiun dan semifinal WNBA 2022 melawan Las Vegas Aces menjadi laga terakhirnya. Hal yang sama juga dilakukan Sylvia Fowles dan Tina Charles. Sedangkan Brittney Griner masih ditahan di Rusia.

Ada lima pemain dari skuad Olimpiade Tokyo 2022 yang masih tercantum. Mereka adalah Ariel Atkins, Jewell Loyd, A’ja Wilson, Chelsea Gray, dan Breanna Stewart. Adapun Kelsey Plum juga masuk daftar. Tetapi ia turun di tim 3x3 pada Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Lalu ada enam pemain yang melakukan debut bersama Timnas AS. Mereka adalah Sabrina Ionescu, Betnijah Laney, Kahleah Copper, Shakira Austin, Brionna Jones, dan Alyssa Thomas. Mereka memang bersinar selama WNBA 2022 lalu. Austin, 22, menjadi pemain termuda yang masuk roster Timnas AS di FIBA Women’s World Cup 2022 ini.

“Kami sangat menantikan FIBA Women’s World Cup 2022 dan menyambut peluang dan tantangan yang dihadirkan di kompetisi ini saat kami menghadapi tim-tim terbaik dunia,” kata pelatih Cheryl Reeve dalam pernyataan resminya.

“Daftar Timnas AS ini menampilkan beberapa bintang paling cemerlang dalam permainan kami dan saya bersemangat memimpin tim dengan tujuan memenangkan gelar keempat secara beruntun,” lanjutnya.

Sementara itu pemain-pemain yang sempat dipertimbangkan masuk ke dalam daftar adalah Diamond DeShields (Phoenix Mercury), Stefanie Dolson (New York Liberty), Rhyne Howard (Atlanta Dream), NaLyssa Smith (Indiana Fever), dan Jackie Young (Las Vegas Aces).

Timnas AS tergabung di Grup A. Mereka bersaing dengan Belgia, Cina, Bosnia Herzegovina, Puerto Rico, dan Korea Selatan. Gim pertama AS akan berlangsung pada Kamis mendatang melawan Belgia.

Sejak diadakan pada 1953 silam, Timnas AS telah 10 kali memenangkan FIBA Women’s World Cup. Pada edisi sebelumnya di Spanyol, Timnas AS mengalahkan Australia di babak pamungkas. Stewart terpilih sebagai pemain terbaik dan Liz Cambage sebagai top skor. (rag)

Daftar Pemain Timnas Putri AS di FIBA Women’s World Cup 2022

Ariel Atkins (Washington Mystics)
Shakira Austin (Washington Mystics)
Kahleah Copper (Chicago Sky)
Chelsea Gray (Las Vegas Aces)
Sabrina Ionescu (New York Liberty)
Brionna Jones (Connecticut Sun)
Betnijah Laney (New York Liberty)
Jewell Loyd (Seattle Storm)
Kelsey Plum (Las Vegas Aces)
Alyssa Thomas (Connecticut Sun)
Breanna Stewart (Seattle Storm)
A’ja Wilson (Las Vegas Aces)

Foto: FIBA, USA Basketball

Komentar