IBL

WNBA 2022 baru berakhir Minggu (18/9) lalu. Berselang empat hari kemudian FIBA Women’s World Cup 2022 dimulai di Sydney, Australia. Beberapa pemain tim nasional putri Amerika Serikat (AS) belum bisa turun di gim pertama melawan Belgia besok (22/9). Terutama pemain-pemain yang berlaga di final WNBA 2022.

AS tergabung di grup A. Selain bersama Belgia, mereka juga bersaing dengan Cina, Bosnia Herzegovina, Puerto Rico, dan Korea Selatan. Sebanyak empat tim teratas akan lanjut ke perempatfinal.

Pada Rabu (21/9) waktu setempat, pelatih AS Cheryl Reeve mengatakan dari 12 pemain AS, ada tujuh pemain yang sudah berada di Sydney secara bersamaan. “Saya tidak tahu jawabannya (menurunkan tujuh pemain itu melawan Belgia), tetapi jika memang begitu, itu adalah tujuh pemain super,” ujar Reeve dilansir melalui ESPN.

Lalu Alyssa Thomas dan Brionna Jones yang membela Connecticut Sun dijadwalkan langsung berangkat ke Australia setelah kalah di gim keempat final WNBA 2022. Mereka dijadwalkan tiba pada Rabu.

Ada tiga pemain Las Vegas Aces, yang menjadi kampiun WNBA 2022, yaitu A’ja Wilson, Kelsey Plum, dan Chelsea Gray yang belum bergabung dengan timnas. Mereka sedang merayakan gelar dengan parade di Vegas Strip. Pesta itu berlangsung kira-kira 25 jam sebelum jadwal AS vs Belgia.

Hal itu tidak membuat Breanna Stewart risau. “Saya pikir berapapun jumlah (pemain) yang kami miliki (sekarang), itulah yang akan kami lakukan. Kami memastikan bahwa skema dan kerja sama tim kami benar. Tidak melihat hal ini sebagai kekurangan, tapi kami telah memiliki ritme untuk turnamen ini,” kata pemain Seattle Storm itu.

AS menjadi juara bertahan. Kini mereka mengejar gelar keempat beruntun. Sejak edisi 1995, timnas putri AS hanya kehilangan satu gelar di FIBA Women’s World Cup (sebelumnya disebut Kejuaraan Dunia) dan Olimpiade. Pada edisi 2006 lalu AS kalah dari Rusia di semifinal.

Lebih lanjut Reeve mencoba untuk “menghormati situasi mereka” dalam hal ini adalah perayaan juara WNBA. “Kami tidak akan menganggap itu tepat. Beri mereka waktu yang mereka butuhkan karena mereka membuat pengorbanan besar untuk melompat ke pesawat tepat setelah musim yang melelahkan,” ujar Reeve.

Saat ini timnas putri AS memang sedang mengalami perubahan cukup besar. Hal ini terjadi setelah pensiunnya Sue Bird, Sylvia Fowles serta absennya Diana Taurasi dan Brittney Griner. Setengah dari skuad AS saat ini adalah pemain debutan di kompetisi internasional. (rag)

Foto: FIBA Asia, USA Basketball

Komentar