IBL

Legenda NBA Bill Russell telah meninggal pada 31 Juli lalu pada usia 88 tahun. Boston Celtics membuat beberapa penghargaan untuk sang legenda. Salah satunya nomor punggung Russell akan menghiasi lapangan TD Garden pada musim 2022-23 mendatang.

Logo nomor 6 itu berwarna hijau dan terlukis di paint arena TD Garden. “Tim telah menambahkan nomor 6 ke kedua jalur untuk memberi penghormatan kepada Russell yang bermain dominan di paint arena,” tulis Celtics pada keterangan resminya Senin (19/9) waktu setempat.

Ini juga menjadi pertama kalinya teks numerik ditampilkan di lapangan NBA. Selain menghias paint arena di TD Garden, penghormatan Celtics untuk pria bernama lengkap William Felton Russell itu adalah dengan mengadakan malam penghormatan di dua laga musim 2022-2023 mendatang.

Pertama saat laga pembuka musim. Celtics akan memulai musim NBA 2022-23 pada 18 Oktober mendatang melawan Philadelphia 76ers. Kemudian pada 12 Februari 2023, dimana menjadi hari ulang tahun Russell yang ke-89.

Selain itu Celtics juga akan mengenakan jersey yang bertema Russell untuk beberapa pertandingan mereka. Tim dengan koleksi 17 cincin juara itu akan menambahkan sesuatu di seragam regulernya untuk mengenang Russell.

Pada Agustus lalu, NBA telah memensiunkan nomor punggung 6 sebagai bentuk untuk penghormatan Russell. Sebelumnya liga juga mengumumkan setiap lapangan NBA lainnya akan memasang stiker angka 6 di pinggir lapangan dekat meja skor.

Selama Russell hidup, ia pun dikenal sebagai perintis hak-hak sipil. Pilihan kedua NBA Draft 1956 itu tercatat 11 kali menjuarai NBA bersama Celtics. Russell lima kali terpilih sebagai pemain terbaik dan 12 kali tercantum dalam NBA All-Star. Namanya tercantum di Basketball Hall of Fame pada 1975 silam. (rag)

Foto: New York Times, NBA

Komentar