IBL

Legenda NBA Bill Russell berencana melelang beberapa memorabilia selama bermain di NBA, minggu ini. Tujuannya untuk kegiatan sosial. Namun Shaquille O'Neal merespons dengan cara yang unik. Dia berharap Russell menjual cincin juaranya, dan dia akan membeli 11 cincin tersebut. 

Russell menjual memorabilia bukan karena bangkrut atau sedang membutuhkan uang untuk kepentingan pribadi. Dia ingin menggunakan hasil penjualan memorabilia tersebut untuk disumbangkan ke Mentor and Boston Celtics United For Social Justice. Russell memang dikenal aktif dalam memperjuangkan kesetaraan sosial di Amerika Serikat. 

Namun seperti yang dikutip dari Sports Illustrated, justru kabar ini mendapat tanggapan yang unik dari legenda NBA lainnya, yaitu Shaquille O'Neal. Dia berharap Russell menjual cincin juaranya. Bukan bermaksud sombong, tapi Shaq berharap bisa mengamankan bagian penting dari sejarah liga. 

"Saya ingin mengambil beberapa barang dari tangan mereka (pemain legendaris NBA). Saya mau membeli 11 cincin milik Russell, tapi sampai sekarang tidak ada tawaran untuk itu," kata Shaq.

Dijelaskan Shaq, bahwa dirinya melihat beberapa memorabilia pemain legendaris NBA sekarang sudah lenyap. Maksudnya, dijual namun tidak terdeteksi siapa pembelinya. Shaq sendiri mengatakan bahwa dirinya menyimpan uang sekitar AS$300 juta atau setara 4,3 triliun rupiah. Sebagian uang tersebut akan digunakan untuk membeli memorabilia pemain legendaris, yang menurutnya perlu diamankan. Termasuk 11 cincin juara milik Bill Russell. 

Bill Russell menjadi pemain NBA dengan 11 cincin juara dalam 13 musim di NBA. Semua juara itu didapatkan ketika membela Boston Celtics, selama tahun 1966 hingga 1969. Tapi sebenarnya, Russell masih menyimpan dua cincin juara lagi sebagai pelatih. Sampai sekarang tidak ada yang menyamai prestasi tersebut. (tor)

Foto: ESPN

 

Komentar