IBL

NBA musim 2022-2023 resmi dibuka. Pada musim ini, NBA juga memberikan penghormatan untuk legenda Bill Russell, yang meninggal pada bulan 31 Juli 2022. Russell bukan hanya berjasa untuk Boston Celtics saja, dia juga berperan besar dalam perkembangan liga. Untuk itu, Celtics dan NBA memberikan penghormatan khusus untuknya. 

Di pertandingan pertama melawan Philadelphia 76ers, Celtics mengenakan jersei "City Edition" yang punya kaitan erat dengan Bill Russell. Nike dan desainer jersei dari Celtics memasukkan beberapa unsur, termasuk restoran Slade's Bar & Grill di Boston milik Russell selama tahun 1960-an. Ciri khas restoran tersebut adalah tulisan tebal dengan pinggiran berwarna emas. Celtics memberikan aksen emas di beberapa bagian jersey. 

Foto: Marca.com

Untuk warnanya, kali ini menggunakan kombinasi hijau gelap dan hitam. Kemudian ada 11 berlian emas yang tersebar di seluruh jersei, menandakan 11 gelar juara NBA yang dikumpulkan Bill Russell dari 13 musim. Pada bagian pinggang celana, juga terdapat nomor 6 dengan 11 ikon berlian. Faktanya, mendiang Bill Russell sempat terlibat dalam pembuatan desain jersei tersebut sebelum meninggal pada bulan Juli 2022.

"Kami bersyukur bahwa Bill Russell bisa terlibat dalam pembuatan jersei untuk menghormati warisannya. Namun kami juga sedih, karena dia tidak bisa melihat tim kami (Boston Celtics) memakainya bertanding di lapangan. Kami berjanji akan terus menghormati warisannya sepanjang musim," ungkap Nicole Federico, wakil presiden senior pemasaran Boston Celtics. 

Pada awalnya, Celtics berencana memakai jersei tersebut pada bulan November 2022. Tetapi rencana berubah ketika Russell meninggal. Celtics diperbolehkan memakai jersei City Edition di malam pembuka, serta berencana memakainya 11 kali di musim 2022-2023. Termasuk ketika Celtics bertanding melawan Lakers, di Los Angeles, pada 13 Desember 2022. Alasannya karena Lakers merupakan tim yang bertemu enam kali di Final NBA dengan Bill Russell. Kemudian jadwal pemakaian jersei edisi khusus tersebut juga dilakukan pada 12 Februari 2022, yang bertepatan dengan ulang tahun Bill Russell. 

Foto: ESPN

Boston Celtics juga menempatkan nomor 6 di area kunci setiap sisi lapangan TD Garden. Sehingga semua orang ingat bahwa Russell adalah pemain yang dominan di paint area. Penempatan stiker nomor di lapangan menjadi momen pertama dalam sejarah NBA. 

Lalu bagaimana cara seluruh komunitas NBA menghormati Bill Russell?

Pertama yang dilakukan adalah mengistirahatkan nomor jersei 6 di seluruh liga. Artinya sudah tidak ada lagi pemain setelah musim 2022-2023 yang mengenakan nomor tersebut. Langkah tersebut jadi yang pertama dalam sejarah NBA. Karena mengistirahatkan nomor untuk seluruh tim, baru dilakukan tahun ini. Di olahraga bisbol, nomor yang diistirahatkan adalah nomor 42, milik pelopor bisbol, Jackie Robinson. NBA meniru langkah tersebut untuk menunjukkan bahwa Bill Russell benar-benar berjasa bagi liga. 

Sementara itu, setiap jersei pemain di NBA musim 2022-2023 akan tertempel nomor 6 di bagian dada kanan atas. Bukan hanya sekadar pita hitam saja. Namun NBA juga memberikan keringanan terhadap keputusan tersebut, karena masih ada pemain yang memakai nomor 6 seperti LeBron James dan Alex Caruso. NBA tidak akan menggantinya untuk saat ini, karena berkaitan dengan penjualan merchandise. Tidak mungkin tiba-tiba mengganti nomor, sementara jersei milik LeBron dan Caruso sudah diproduksi dan dijual. 

"Memang begitu seharusnya cara menghormati Bill Russell," kata LeBron James, berkomentar tentang keputusan mengistirahatkan nomor 6, dikutip dari andscape.com. "Saya senang akhirnya ada pemain yang mendapatkan penghormatan seperti itu dari seluruh liga. Bagi saya, memakai nomor 6 tahun ini menjadi suatu penghormatan."

NBA juga mewajibkan setiap arena memasang nomor 6 di area check-in tim, tanpa terkecuali. Keputusan NBA ini juga didukung oleh semua pengelola arena. Kemudian yang paling penting adalah tetap memberi nama penghargaan untuk MVP Final NBA sebagai trofi Bill Russell. Dengan begitu liga akan terus menghidupkan kenangan tentang Russell secara terus menerus. 

Foto: Zimbio, NBC Sports, Daily Express

Sekadar informasi, kalau pemberian nama trofi Bill Russell tersebut dimulai tahun 2009. Pemain yang pertama kali menerima trofi ini adalah Kobe Bryant. Kemudian pemain dengan trofi Bill Russell terbanyak adalah LeBron James, yaitu sebanyak empat trofi. Kemudian pemain terakhir yang trofinya diserahkan sewaktu Bill Russell masih hidup adalah Stephen Curry. Karena Curry dinobatkan sebagai MVP Final NBA pada 17 Juni 2022. Lalu pada 31 Juli 2022, Russell menghembuskan nafas terakhirnya. (*)

Foto: The Wichita Eagle

Komentar