IBL

Musim NBA 2022-2023 akan dimulai pada 18 Oktober 2022, waktu Amerika Serikat. Musim baru dibuka dengan dua pertandingan yaitu Boston Celtics melawan Philadelphia 76ers dan Golden State Warriors menghadapi Los Angeles Lakers. Legenda NBA Ben Wallace mengusulkan agar semua pemain dalam dua pertandingan tersebut memakai nomor jersei 6 untuk menghormati mendiang Bill Russell. 

Pemain yang bertatus sebagai Hall of Famer tersebut menyampaikan idenya kepada TMZ Sports. Menurutnya akan luar biasa kalau semua pemain menghormati legenda Celtics, dan seluruh NBA. NBA sudah membuat kebijakan untuk menghormati mendiang Bill Russell dengan mengistirahatkan nomor jersei 6. Nomor tersebut tidak boleh lagi didaftarkan oleh pemain NBA, kecuali bagi mereka yang sudah menggunakannya seperti LeBron James dan DeAndre Jordan. 

"Jika saya bisa mengatur NBA, maka saya akan membuat semua pemain memakai nomor jersei 6 untuk membuka musim," kata Wallace, dikutip dari TMZ

Bill Russell meninggal di usia 88 tahun pada 31 Juli 2022. Dia orang yang pernah memenangkan 13 kali gelar NBA, dengan rincian 11 kali sebagai pemain dan 2 kali sebagai pelatih. Russell juga dikenal sebagai pejuang sosial khususnya di NBA. Dia membuat kontrak pemain kulit hitam setara dengan pemain kulit putih. Puluhan tahun dia mengabdi untuk NBA. 

Ide untuk mengistirahatkan nomor jersei 6 awalnya dilontarkan oleh legenda Laker, Earvin "Magic" Johnson. Dia mengutarakan ide tersebut dalam akun Twitter pribadinya pada 2 Agustus 2022. Setelah itu, Komisioner NBA Adam Silver membuat keputusan bahwa liga mengistirahatkan nomor jersei 6. "Menghentikan penggunakan nomor jersei 6 di semua tim NBA memastikan bahwa kami mengakui karir, peran, dan pengabdian Bill terhadap liga ini," kata Silver. 

Foto: NBA History dan Yahoo!Sports

Sementara itu, Ben Wallace ternyata adalah pemain yang pernah memakai nomor punggung 6 dalam karirnya di NBA. Selain nomor jersei 6, dia juga pernah memakai nomor 30, 4, dan 3. Wallace dikenal sebagai legenda Detroit Pistons. Karena di klub tersebut dia berhasil mendapatkan cincin juara NBA di tahun 2004. Dia bermain untuk Pistons pada tahun 2000-2006, dan tahun 2009 hingga 2012. Sebelum pensiun di tahun 2012, Wallace adalah pemain dengan empat kali NBA All-Star, dua kali NBA rebound leader di tahun 2002 dan 2003, serta NBA block leader di tahun 2002. (*)

Foto: Twitter Ben Wallace

Komentar