IBL

Seluruh komunitas NBA berduka karena meninggalnya salah satu tokoh legendaris, yaitu Bill Russell. Setelah kematiannya, banyak pihak yang mendorong agar nomor jersei 6 yang digunakan Russell dipensiunkan. Bukan hanya satu klub, melainkan di liga. Artinya tidak ada lagi pemain NBA yang menggunakan nomor jersei 6. Seperti yang dilakukan Major League Baseball (MLB) untuk menghormati Jackie Robinson. 

Kabar ini langsung berimbas pada pemain-pemain yang memakai nomor jersei 6, salah satunya adalah LeBron James, bintang Los Angeles Lakers. Padahal "Sang Raja" baru ganti nomor dari 23 ke 6 di musim 2021-2022. Alasannya dia ingin menggunakan nomor jersei yang pernah membuat namanya besar di Miami Heat. Tapi sekarang, kalau memang benar ada keputusan pensiun nomor 6 dari NBA, maka LeBron harus ganti nomor lagi. 

Foto: SB Nation

Tentu saja, ada banyak pemain yang saat ini berada di NBA dan memakai nomor tersebut. Tercatat ada 25 pemain yang mengenakan nomor tersebut tahun lalu dan mereka akan menjadi yang terakhir untuk melakukannya. Selain LeBron ada Alex Caruso di Chicago Bulls, Montrezl Harrell di Washington Wizards, Lance Stephenson di Indiana Pacers, dan Lou Williams di Atlanta Hawks. Semuanya juga memakai nomor tersebut. Tapi Harrell tampaknya sudah merespons lebih dulu. Karena dia dikabarkan mengganti nomor jadi 8 setelah ditukar ke Charlotte Hornets.

Pemain lain yang menggunakan nomor 6 tahun lalu adalah Nickeil Alexander-Walker, Moses Brown, Gabriel Deck, Hamidou Diallo, Bryn Forbes, Quentin Grimes, Kristaps Porzingis, Kenyon Martin Jr., Jalen McDaniels, Jordan McLaughlin, Keon Johnson, Shaq Buchanan, Zylan Cheathem, David Duke Jr. Melvin Frazier, Kevin Pangos, Javonte Smart, Rayjon Tucker, Luca Vildoza, dan Tyrone Wallace.

Foto: Essentially Sports

Keputusan liga untuk mengistirahtan nomor jersei 6 di semua tim sangat masuk akal karena Russell adalah pelopor sejati yang pengaruhnya lebih besar dari sekadar pemain basket. Russell meruntuhkan dinding batasan pemain Afrika-Amerika pertama di NBA, dan sangat benci terhadap rasisme. Russell juga merupakan pelatih Afrika-Amerika pertama dalam sejarah NBA.

Prestasinya juga tak kalah mentereng. Mendiang Russell masih menjadi pemain yang berhasil mengumpulkan 11 cincin juara NBA dalama 13 musim. Liga akhirnya akan menamai NBA Finals MVP Award dengan nama Bill Russell Award, setelah dia dan mendiang Kobe Bryant berfoto bersama di tahun 2009. Momen tersebut menggambarkan bahwa pemain terbaik di final, layak mendapatkan penghargaan dari sang legenda. 

Dengan berita NBA mengumumkan maka Miami Heat juga melakukan pembaharuan. Menurut Ira Winderman dari Sun-Sentinel setelah mengistirahatkan nomor jersei 3 milik Dwyane Wade dan nomor jersei 1 untuk Chris Bosh, Heat berencana untuk mengistirahatkan nomor jersei 6 untuk LeBron James. 

Dalam empat musim bersama Miami, LeBron rata-rata mencetak 26,9 poin, 7,6 rebound, dan 6,7 assist. Dia memimpin Heat menjadi juara NBA dua musim beruntun dalam empat kali final. Sementara, bila Lakers melakukan hal yang sama, maka LeBron menjadi pemain NBA pertama yang nomor jerseinya diistirahatkan oleh dua klub. (*)

Foto: KLSL Sports

Komentar