IBL

Legenda NBA Bill Russell meninggal dunia. Kabar ini disampaikan langsung oleh keluarga Russell melalui rilis resmi yang diumumkan lewat akun media sosial legenda Boston Celtics ini. Russell meninggal dunia di usia 88 tahun. 

Dalam keterangan resmi itu pula, disebutkan bahwa Russell meninggal dalam keadaan tenang didampingi istri tercintanya, Jeannine. Adapun rangkaian upacara pemakaman Russell akan diumumkan di kemudian hari. 

Russell sampai sekarang adalah atlet dengan gelar juara terbanyak untuk olahraga Amerika Serikat. Ia membantu Celtics meraih 11 dari total 17 gelar juara mereka. Termasuk di dalamnya delapan gelar juara beruntun pada periode 1959—1966. 

"Bill Russell adalah sosok juara yang luar biasa," buka Adam Silver, Komisaris NBA dalam rilis resminya. "Segala yang ia dapatkan di kariernya benar-benar luar biasa. Catatan 11 gelar juara dan lima gelar pemain terbaik (MVP) hanyalah awal dari sebuah cerita panjang dampak yang ia berikan pada basket ini."

"Tak sampai di sana, Bill juga selalu berpegang teguh pada pandangannya di luar basket. Ia menjunjung tinggi kesetaraan dan sifat saling menghargai yang menjadi identitas dari liga ini sendiri. Bill membantu banyak sekali kasus hak warga sipil dan keadilan sosial sepanjang hidupnya yang lantas terus dilanjutkan oleh banyak pemain NBA hingga sekarang," imbuhnya. 

Silver juga menekankan betapa beruntungnya NBA bisa memiliki sosok Russell. Perlu diketahui, Russell juga adalah pelatih kulit hitam pertama dalam sejarah NBA. Hal-hal itu pula yang membuat NBA menamai gelar MVP Final dengan nama "Bill Russell Finals MVP" per 2009 lalu. 

"Saya pribadi bersyukur atas pertemanan saya dengan Bill dan saya turut bangga saat ia mendapatkan gelar Presidential Medal of Freedom dari Presiden. Bill sekali lagi adalah sosok juara yang luar biasa dan sosok rekan yang baik. Kami turut berduka atas kepergiannya dan doa kami selalu menyertai Jeannine, keluarga, dan teman yang ditinggalkan " tutup Silver. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar