IBL

Legenda Boston Celtics dan bisa dibilang legenda NBA dan bola basket Amerika, K.C. Jones, meninggal dunia di usia 88 tahun. Untuk menghormati kepergiannya, semua pemain melakukan hening cipta sebelum pertandingan Boston Celtics melawan Brooklyn Nets. Jones adalah salah satu dari sedikit pemain dan pelatih dalam sejarah bola basket yang meraih "Triple Crown", atau pernah menjuarai NCAA, NBA, dan Medali Emas Olimpiade.

"K.C. Jones termasuk di antara juara paling bergengsi dalam sejarah permainan kami," kata Komisaris NBA Adam Silver dalam sebuah pernyataan yang dilansir nba.com.

Jones bermain di Celtics sejak tahun 1958 hingga 1967. Selama menjadi pemain, dia membawa Celtics delapan kali juara berturut-turut sejak 1959 hingga 1966. Sebagai penghormatan, Celtics mengistirahatkan nomor seragam 25 yang identik dengan Jones.

Setelah pensiun di tahun 1997, Jones memulai karier di bidang kepelatihan. Dia pernah menjadi asisten pelatih Los Angeles Lakers, Washington Bullets, Milwaukee Bucks, Seattle SuperSonics, Detroit Pistons, dan timnya sendiri Boston Celtics. Sementara itu, Jones pernah bertugas sebagai kepala pelatih dua klub, yaitu di Celtics (1983-1988), dan SuperSonics (1990-1992). Jones memimpin Celtics menjuarai NBA pada tahun 1984 dan 1986.

Jones benar-benar berhenti dari basket pada tahun1998, dia meninggalkan catatan sejarah yang tak terlupakan. Jones mengumpulkan 11 cincin juara NBA (sebagai pemain, asisten pelatih, dan kepala pelatih), serta satu medali emas Olimpiade 1956. Jones kemudian dilantik ke Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada tahun 1989. (tor)

Foto: CelticsBlog

Komentar